PERANCANGAN ALAT MONITORING SUHU MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) PADA PROSES DISTRIBUSI DENGAN METODE RANTAI DINGIN

UD, AZMI MAS (2016) PERANCANGAN ALAT MONITORING SUHU MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) PADA PROSES DISTRIBUSI DENGAN METODE RANTAI DINGIN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (180Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merancang sebuah alat monitoring suhu dalam proses distribusi darah yang dilakukan oleh PMI Surakarta. Prototipe dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh termometer analog dan digital pada saat proses monitoring suhu dalam proses distribusi darah. Hal yang tidak dapat dipenuhi saat menggunakan termometer analog dan digital pada saat proses distribusi adalah proses monitoring yang dilakukan tidak dapat menyimpan data suhu dan waktu pada saat perjalanan. Selain itu alat tidak dapat memberikan peringatan jika dalam proses distribusi kondisi suhu darah di dalam cold box berada pada kondisi yang tidak aman. Prototipe alat dibuat dengan menggunakan beberapa komponen elektronik yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya untuk masing-masing komponen. Prototipe yang akan dibuat diuji coba dengan dua jenis pengujian. Pengujian pertama merupakan pengujian di laboratorium dan pengujian kedua adalah pengujian lapangan. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan sebelumnya, diketahui bahwa prototipe alat monitoring yang dibuat memenuhi tujuh dari sembilan poin kebutuhan alat. Selain itu prototipe alat monitoring suhu yang dibuat dapat memberikan peringatan jika suhu darah di dalam cold box berada di atas 10oC atau dibawah 2oC, selain itu data suhu yang sudah disimpan selama proses distribusi dapat dibaca dengan menggunakan NFC dan dapat menampilkan data suhu secara realtime.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 14 Dec 2016 06:24
    Last Modified: 14 Dec 2016 06:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31024

    Actions (login required)

    View Item