Respon pertumbuhan dan hasil bawang merah asal biji pada perendaman plant growth promoting Rhizobacteria dan kombinasi pupuk

PUTRA, AZIZ SUMANTRI (2016) Respon pertumbuhan dan hasil bawang merah asal biji pada perendaman plant growth promoting Rhizobacteria dan kombinasi pupuk. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (97Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman PGPR dan pemberian kombinasi pupuk terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Maret 2016 di lahan pertanian di Desa Gunung Mijil, kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (Split Plot) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi PGPR (0%,1% dan 2%) dan faktor kedua adalah kombinasi pupuk (K1, K2, K3, K4 dan K5). Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat interaksi antara perlakuan aplikasi konsentrasi PGPR dan kombinasi pupuk. Aplikasi perlakuan PGPR berpengaruh nyata terhadap jumlah tanaman yang hidup, tinggi tanaman, jumlah daun, diameter umbi, berat segar umbi perpetak dan pertanaman, serta berat kering umbi perpetak dan pertanaman. Aplikasi kombinasi pupuk memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah tanaman yang hidup, jumlah daun, berat segar umbi perpetak dan pertanaman, serta berat kering umbi perpetak dan pertanaman. Aplikasi perendaman dengan konsentrasi PGPR 2% mampu memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah asal biji, apabila disertai pemberian kombinasi pupuk. Aplikasi pemupukan NPK lebih baik dan mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil bawang merah meliputi jumlah daun, berat umbi segar perpetak, berat umbi segar pertanaman, berat umbi kering perpetak dan berat umbi kering pertanaman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 14 Dec 2016 06:21
    Last Modified: 14 Dec 2016 06:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31023

    Actions (login required)

    View Item