SIKAP KONSUMEN PASAR SWALAYAN TERHADAP PRODUK KECAP DI KOTA SURAKARTA

PURNAMASARI, DWI PURY (2010) SIKAP KONSUMEN PASAR SWALAYAN TERHADAP PRODUK KECAP DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (452Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang memenuhi sifat ideal menurut konsumen dan sikap konsumen terhadap produk kecap. Produk kecap yang diteliti adalah kecap manis dan kecap asin kemasan botol plastik ukuran (140-275 ml). Metode dasar penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik pelaksanaan penelitian menggunakan metode survei. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kota Surakarta dengan mengambil lima pasar swalayan. Penentuan sampel dengan metode judgement sampling, dengan jumlah responden 100 yang terdiri dari 50 responden untuk produk kecap manis dan 50 responden untuk produk kecap asin. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer kemudian dianalisis menggunakan Analisis Model Sikap Angka Ideal (The Ideal-Point Model). Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden produk kecap manis dan kecap asin berjenis kelamin perempuan, mayoritas pada kelompok umur 41-50 tahun, tingkat pendidikan mayoritas adalah SMA untuk responden kecap manis dan S1 untuk responden kecap asin, jenis pekerjaan sebagai ibu rumah tangga untuk mayoritas responden kecap manis dan sebagai PNS untuk mayoritas responden kecap asin, tingkat pendapatan responden per bulan mayoritas adalah Rp 1.000.000,00-Rp 1.999.999,00, mayoritas jumlah anggota keluarga pada masing masing produk kecap manis dan kecap asin adalah 4 orang. Berdasarkan analisis tingkat kepentingan atribut produk kecap manis dan kecap asin diketahui bahwa atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian kecap manis secara berurutan adalah atribut rasa, keamanan produk, harga, kepraktisan, kemasan dan kekentalan. Atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian kecap asin secara berurutan adalah atribut rasa, keamanan produk, kepraktisan, kemasan, harga dan kekentalan. Berdasarkan analisis masing-masing atribut menurut sifat ideal konsumen dapat diketahui bahwa atribut-atribut pada kecap manis secara keseluruhan sudah memenuhi sifat ideal menurut konsumen, sedangkan pada kecap asin atribut-atributnya sebagian besar sudah memenuhi sifat ideal konsumen kecuali pada atribut rasa. Hasil penelitian juga menunjukan sikap konsumen terhadap poduk kecap manis dan kecap asin adalah sangat baik. Kata Kunci : Sikap Konsumen, Kecap, Pasar Swalayan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 13 Jul 2013 17:08
    Last Modified: 13 Jul 2013 17:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3101

    Actions (login required)

    View Item