PENGEMBANGAN MODEL OPTIMISASI PARAMETER PROSES PEMESINAN UNTUK MEMINIMALKAN WAKTU PRODUKSI DAN DAMPAK LINGKUNGAN PADA ALGORITMA PENENTUAN LOT SIZE DAN MANAJEMEN TOOL

HAMADA, AULIA (2016) PENGEMBANGAN MODEL OPTIMISASI PARAMETER PROSES PEMESINAN UNTUK MEMINIMALKAN WAKTU PRODUKSI DAN DAMPAK LINGKUNGAN PADA ALGORITMA PENENTUAN LOT SIZE DAN MANAJEMEN TOOL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (193Kb)

    Abstract

    Penentuan lot size, parameter pemesinan, dan alokasi tool dapat mempengaruhi biaya produksi. Dengan mempertimbangkan penentuan lot size, parameter pemesinan, dan alokasi tool dalam memproduksi sebuah komponen dapat meminimalkan biaya produksi. Penentuan parameter pemesinan akan mempengaruhi waktu pemesinan yang selanjutnya akan mempengaruhi biaya produksi. Namun, penentuan parameter tersebut tidak hanya mempengaruhi waktu pemesinan, tetapi juga mempengaruhi dampak lingkungan yang dihasilkan. ISO telah mengusulkan sistem manajemen lingkungan untuk meminimalkan kerusakan lingkungan akibat industri sehingga dampak lingkungan perlu dipertimbangkan dalam penentuan parameter pemesinan. Pada penelitian ini dikembangkan model dengan fungsi tujuan minimasi waktu produksi dan dampak lingkungan untuk menentukan parameter pemesinan yang optimal pada algoritma penentuan lot size parameter pemesinan, dan alokasi tool untuk meminimalkan biaya produksi. Waktu produksi terdiri dari waktu pemesinan dan waktu penggantian tool. Umur pahat, daya mesin, dan kekasaran permukaan menjadi faktor yang mempengaruhi penentuan parameter pemesinan. Parameter pemesinan yang digunakan yaitu kecepatan potong dan kecepatan pemakanan. Dampak lingkungan diperoleh dengan mengkonversi beban lingkungan menjadi nilai kuantitatif menggunakan eco-indicator 99. Contoh numerik diberikan untuk mendemonstrasikan model yang dikembangkan, penyelesaian contoh numerik dilakukan dengan menggunakan software Crystal Ball.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 12 Dec 2016 17:36
    Last Modified: 12 Dec 2016 17:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31001

    Actions (login required)

    View Item