PENGEMBANGAN MODEL PERSEDIAAN CLOSED LOOP SUPPLY CHAIN PADA PEMANUFAKTUR DAN KOLEKTOR DENGAN MEMPERTIMBANGKAN INSPEKSI, WASTE DISPOSAL, SERTA BIAYA EMISI KARBON

Putri, Anissa Rianda (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERSEDIAAN CLOSED LOOP SUPPLY CHAIN PADA PEMANUFAKTUR DAN KOLEKTOR DENGAN MEMPERTIMBANGKAN INSPEKSI, WASTE DISPOSAL, SERTA BIAYA EMISI KARBON. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (254Kb)

    Abstract

    Dalan penelitian ini dikembangkan sebuah model persediaan Closed Loop Supply Chain yang mengintegrasikan dua pihak dalam supply chain, yaitu pemanufaktur dan kolektor. Permintaan dari primary market dipenuhi oleh produk hasil produksi reguler dan remanufaktur. Bahan baku dari proses remanufaktur adalah recoverable item dari pihak kolektor. Kolektor mengumpulkan barang bekas pakai dari pelanggan (primary market) dimana returned rate barang bekas pakai dipengaruhi oleh harga beli recoverable item (Pc) dan faktor kualitas (q). Barang bekas pakai yang dikumpulkan kemudian mengalami proses inspeksi. Barang bekas pakai yang lolos faktor kualitas (q), merupakan recoverable item dan dikirimkan ke pihak pemanufaktur untuk proses perbaikan. Sedangkan barang bekas pakai yang tidak lolos akan dianggap sebagai waste dan mengalami proses waste disposal. Pada penelitian ini pihak pemanufaktur menerapkan dua tipe proses perbaikan, yaitu remanufaktur dan refurbish. Produk hasil refurbish memiliki kualitas yang lebih rendah dari produk hasil remanufaktur, sehingga dijual ke secondary market dengan harga yang lebih rendah. Selain itu penelitian ini mempertimbangkan adanya biaya emisi karbon akibat aktivitas produksi dan remanufaktur oleh pihak pemanufaktur, serta transportasi oleh pihak kolektor. Fungsi tujuan dari model persediaan ini adalah maksimasi total keuntungan gabungan kolektor dan pemanufaktur, dengan dua variabel keputusan yaitu waktu siklus pemanufaktur (T) dan frekuensi pengiriman kolektor (k). Hasil uji konkavitas menyatakan bahwa model persediaan bersifat konkaf terhadap variabel keputusan, sehingga dapat menjamin solusi optimal yang dihasilkan memberikan hasil yang maksimal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 10 Dec 2016 10:44
    Last Modified: 10 Dec 2016 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30998

    Actions (login required)

    View Item