KONTRUKSI REALITAS KOMPAS.COM DALAM PEMBERITAAN PEMBATASAAN BBM BERSUBSIDI ( Analisis Framing Pemberitaan Pembatasaan BBM Bersubsidi Yang Dimuat Kompas.com Pada Periode Agustus - September 2014 )

MARFUAD, ALFIAN PUTRA (2016) KONTRUKSI REALITAS KOMPAS.COM DALAM PEMBERITAAN PEMBATASAAN BBM BERSUBSIDI ( Analisis Framing Pemberitaan Pembatasaan BBM Bersubsidi Yang Dimuat Kompas.com Pada Periode Agustus - September 2014 ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (694Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Alfian Putra Marfuadi D1212008 kontruksi realitas kompas.com Dalam Pemberitaan Pembatasan BBM Bersubsidi (Analisis Framing Pemberitaan Pembatasan Bbm Bersubsidi Yang Dimuat Kompas.Com Pada Periode Agustus – September 2014) Pemberitaan Terhadap Pembatasan Bahan Bakar Minyak Bersubsidi yang cukup banyak menyita perhatian publik. laman kompas.com mengangkat kebijakaan pembatasan bbm bersubsidi sebagai liputan khusus. Penelitian ini menggunakan pemilihan purposive sampling yang mana mengambil berita pembatasan bahan bakar bersubsidi terbanyak yaitu pada bulan Periode Agustus hingga September 2014 sebanyak 7 item berita Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara Kompas.com dalam membingkai pemberitaan pembatasan bahan bakar bersubsidi dilihat dari penyusunan fakta, pengisahan fakta, penulisan fakta, dan penekanan fakta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki. Hasil penelitian yang ditinjau dari penyusunan fakta, pengisahan fakta, penulisan fakta, dan penekanan fakta yang dilakukan oleh Kompas.com terhadap Pembatasan Bbm Bersubsidi pada bulan Agustus hingga September 2014 menunjukkan bahwa kebijakkan pembatasaan bbm bersubsidi dinilai tidak efektif. Keywords : analisis framing, media online, pembatasaan bbm

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 07 Dec 2016 14:43
    Last Modified: 07 Dec 2016 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30991

    Actions (login required)

    View Item