pengaruh model pembelajaran inductive thinking - deductive thinking terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas VII SMP N 2 KARTASURA

HAYATI, ULFAH FAJAR (2016) pengaruh model pembelajaran inductive thinking - deductive thinking terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas VII SMP N 2 KARTASURA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (823Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ulfah Fajar Hayati (K5411064) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEDUCTIVE THINKING–INDUCTIVE THINKING DITINJAU DARI JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2014/2015 (Materi Pembelajaran Kondisi Geografis dan Penduduk). Proposal Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Februari 2015. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS materi pembelajaran kondisi geografis dan penduduk antara model pembelajaran deductive thinking dan model pembelajaran induktive thinking pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS materi pembelajaran kondisi geografis dan penduduk pada siswa laki-laki yang disampaikan dengan model pembelajaran deductive thinking dan model pembelajaran inductive thinking pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2014/2015. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS materi pembelajaran kondisi geografis dan penduduk pada siswa perempuan yang disampaikan dengan model pembelajaran deductive thinking dan model pembelajaran inductive thinking pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2014/2015. 4) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin terhadap hasil belajar IPS materi pembelajaran kondisi geografis dan penduduk pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan rencana design grup factorial 2x2. Populasi penelitian adalah kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura, Sukoharjo dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan VIIA Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk tes obyektif pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dengan pengujian hipotesis analisis Anova Dua Arah (Two Way Anova) pada taraf signifikasi 5%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 06 Dec 2016 22:50
    Last Modified: 06 Dec 2016 22:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30987

    Actions (login required)

    View Item