PENGEMBANGAN MEDIAPEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL

AGUSTIAN, TEGUH (2016) PENGEMBANGAN MEDIAPEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (277Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Teguh Agustian. NIM: S861208034. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Film Dokumenter Masyarakat Multikultural Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Mahasiswa DISTKIP-PGRI Pontianak.Tesis.PembimbingI: Prof. Dr.Sariyatun,M.Pd, M.Hum, II: Dr.Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Program StudiMagisterPendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran yang dapat direalisasikan dalam praktik. Dalam proses pembelajaran dan pengajaran, pendidik dituntun untuk dapat mengembangkan bahan ajar dan media pendukung sebagai alat pembelajaran. hal ini untuk membantu peserta didik memahami dan memudahkan dalam menerima pelajaran. Seperti halnya media pembelajaran sejarah lokal berbasis film dokumenter yang dikembangkan, dengan memanfaatkan teknologi informasi, membantu memudahkan pendidik menyampaikan materi ajar dan memudahkan peserta didik memahami materi yang diterima. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) yang diadaptasi dan dimodifikasi Borg & GallProsedur. Langkah kerja dalam penelitian meliputi : (1) Penelitian pendahuluan, (2) Pengembangan media, (3) Pengujian efektifitas media. Uji efektifitas produk dilakukan dengan metode eksperimen di kampus STKIP-PGRI Pontianak, dengan memilih prodi pendidikan sejarah semester v. untuk pengujian dilakukan menggunakan 2 kelas. Kelas A.Sore sebagai kelas kontrol dan Kelas B.Sore sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini juga menggunakan tahapan-tahapan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, andEvaluation), agar pada tahapan pengembangan media menjadi lebih spesifik. Berdasarkan analisis hasil uji efektifitas,skorposttest sikap toleransi pada kelas ekperimen lebih tinggi (menggunakan media yang dikembangkan) dibandingkan skor pada kelas kontrol (menggunakan power point) pernyataan tersebut dibuktikan dengan ujiindependen sample t test,didapatkan nilai p=0,020 (p<0,05)maka ditarik keputusan ujiH0 ditolakdan itu artinyaada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.Sehinggadapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah dengan film dokumenteryang dikembangkanmampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap toleransi mahasiswa pendidikan sejarah di STKIP-PGRI Pontianak Kata Kunci : Pengembangan Media,Model ADDIE,Film Dokumenter, Toleransi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 06 Dec 2016 22:41
    Last Modified: 06 Dec 2016 22:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30985

    Actions (login required)

    View Item