PENGARUH STICKER REWARD TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

ASTUTI, WITA (2016) PENGARUH STICKER REWARD TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (732Kb)

    Abstract

    Wita Astuti. K8112073.PENGARUH STICKER REWARD TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sticker reward terhadap perilaku asertif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 anak usia 5-6 tahun di TK Cemara Dua Surakarta. Validitas instrumen menggunakan checklist validity. Metode pengumpulan data melalui observasi dalam bentuk checklist untuk mengukur perilaku asertif pada anak. Uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan kolmogorov smirnov dan levene test for equality of variance dengan bantuan SPSS 15 for windows. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 15 for windows. Hasil analisis data menunjukkan, pertama, hasil kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan, rata-rata pretest kelompok eksperimen dari 2,040 meningkat menjadi 4,280 pada saat posttest, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol dari 2,160 pada saat pretest meningkat menjadi 2,440 pada saat posttest. Kedua, terdapat pengaruh dari penggunaan sticker reward terhadap perilaku asertif pada anak usia 5-6 tahun, yang dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat posttest (ρ<0,05). Ketiga, nilai R Square dalam penelitian ini adalah 0,514, yang berarti bahwa pengaruh sticker reward terhadap perilaku asertif pada anak adalah sebesar 51,4%. Kata kunci : sticker reward, perilaku asertif, pendidikan anak usia dini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 06 Dec 2016 14:51
    Last Modified: 06 Dec 2016 14:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30969

    Actions (login required)

    View Item