PERENCANAAN DAN PERANCANGAN INTERIOR FASILITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN KONSEP MONTESSORI

S, SYAFIRA KHAIRANY (2016) PERENCANAAN DAN PERANCANGAN INTERIOR FASILITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN KONSEP MONTESSORI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (693Kb)

    Abstract

    2016. Syafira Khairany Soediro. Artikel ini bertujuan untuk menghasilkan desain interior Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini sebagai sarana pendidikan yang menerapkan konsep Montessori. Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dann perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Kota Solo menjadi pilihan lokasi karena belum adanya fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini yang menggunakan Konsep Montessori. Penerapan konsep montessori ke dalam perancangan ini terlihat pada tatanan fisik sekolah, meja – meja, kursi – kursi dan perlengkapan yang lain disesuaikan dengan kebutuhan anak dan bukan mengikuti kebutuhan orang dewasa. Ruang kelas dan perlengkapannya tersebut tidak membatasi kebebasan gerak anak, sebagaimana yang terjadi di sekolah konvensional. Kata kunci: Interior, Montessori, PAUD 2016. Syafira Khairany Soediro. This article aims to produce an interior design concept of preschool education building facility – as a school that applies Montessori education concept. Preschool education is an effort to develop children from newborn to 6th years old through stimulus education to help with children’s physical and spiritual, growth and development for chidren to be prepared for next step of education. Solo city became the location of choice because of the lack of earlychildhood education facility that uses the Montessori concept. Application of Montessori concept into the design is seen in the physical order of the school, tables, chair, and other equipment adapted to the needs of children and not to follow the needs of adult. Classroom and the equipment does not restrict the freedom of movement of children, as the case in conventional school. Keywords: Interior, Montessori, Preschool

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Interior
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2016 12:10
    Last Modified: 06 Dec 2016 12:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30963

    Actions (login required)

    View Item