PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

HARYANTO, RIYAN DWI (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (836Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Riyan Dwi Haryanto. K7112210. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pemahaman konsep Sifat-Sifat Cahaya, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data adalah model analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep Sifat-Sifat Cahaya pada siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta dapat meningkat melalui penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakannya tindakan nilai rata-rata kelas 57,30 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 32,43%, siklus I nilai rata-rata kelas 70,85 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 59,46%, dan siklus II nilai rata-rata kelas 80,03 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,49%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan pemahaman konsep Sifat-Sifat Cahaya pada siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: pemahaman konsep Sifat-Sifat Cahaya dan Student Teams Achievement Division (STAD) ABSTRACT Riyan Dwi Haryanto. K7112210. THE IMPROVEMENT OF UNDERSTANDING LIGHT CHARACTERS CONCEPT THROUGH COOPERATIVE MODEL TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Classroom Action Research (PTK) in The Fifth Grade Students of SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta in The Academic Year 2015/2016). Thesis, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta. August 2016. The purpose of the research to improve the understanding of light characters concept through cooperative model type Student Teams Achievement Division (STAD in the fifth students of SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta in the academic Year 2015/2016. Variables that were targeted changes in the classroom action research is understanding of light characters concept, while the variable measures in this research is cooperative model type Student Teams Achievement Division (STAD). The Research method is Classroom Action Research (PTK) as much as 2 cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation of the action, observation, and reflection. The subject in the research is a teacher and fifth students of SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta in the academic Year 2015/2016, consisting of 37 students, 21 boys and 16 girls. Data collection technique in the research is interviews, observation, tests, and documentation. The technique of data validation is source triangulation and technique triangulation. Data analizes is interactive analized model which consist of data reduction, data data display and conclusions. The result of this research shows that the understanding of light characters concept in the fifth students of SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta can be increase through used of a cooperative model type Student Teams Achievement Division (STAD). This is evident in the initial conditions before being implemented measures the average value of 57,30 students with a classical completeness percentage of 32,43%, I cycle the average value of 70,85 with a classical completeness percentage of 59,46% . And the second cycle the average value of 80,03 with a classical completeness percentage of 86,49%. The conclusion of the research is the using of cooperative model type Student Teams Achievement Division (STAD) can improve the understanding of light characters concept in the fifth students of SD Negeri Setono No. 95, Laweyan, Surakarta in the academic Year 2015/2016. Keywords : understanding, light characters, Student Teams Achievement Division (STAD)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2016 12:07
    Last Modified: 06 Dec 2016 12:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30962

    Actions (login required)

    View Item