PARTISIPASI PETANI BINAAN DALAM PROGRAM PENYULUHAN ALIH TEKNOLOGI OLEH CV. PENDAWA KENCANA MULTIFARM DI KABUPATEN KULON PROGO, DIY

AMBARWATI, RISKA (2016) PARTISIPASI PETANI BINAAN DALAM PROGRAM PENYULUHAN ALIH TEKNOLOGI OLEH CV. PENDAWA KENCANA MULTIFARM DI KABUPATEN KULON PROGO, DIY. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (338Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat partisipasi petani binaan terhadap program penyuluhan alih teknologi oleh CV. Pendawa Kencana Multifarm di Kabupaten Kulon Progo dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi petani binaan terhadap program penyuluhan alih teknologi oleh CV. Pendawa Kencana Multifarm di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Pendawa Kencana Multifarm, D.I. Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik survei. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah petani di Kabupaten Kulon Progo yang merupakan petani binaan CV. Pendawa Kencana Multifarm dan melaksanakan program alih teknologi. Sampel yang digunakan sebanyak 60 petani dari jumlah total 122 petani. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan lebar interval kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Partisipasi dalam kegiatan perencanaan program dalam kategori tinggi, partisipasi dalam kegiatan pelaksanaan program dalam kategori sangat tinggi, partisipasi dalam kegiatan pemanfaatan hasil dalam kategori sangat tinggi, partisipasi petani secara keseluruhan dalam kategori tinggi. (2) Faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi petani adalah umur, pendidikan formal, pendidikan non formal, pendapatan, pengalaman menjadi petani binaan, peran penyuluh, dan sifat inovasi. Faktor-faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat partisipasi petani adalah pendidikan non formal, pendapatan, dan pengalaman menjadi petani binaan CV. Pendawa Kencana Multifarm.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2016 12:04
    Last Modified: 06 Dec 2016 12:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30961

    Actions (login required)

    View Item