EFEK IMPLEMENTASI TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN 2016/2017

N, NUR CAHYO PRIHADI (2016) EFEK IMPLEMENTASI TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (732Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nur Cahyo Prihadi Nugroho. K4612113. EFEK IMPLEMENTASI TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN 2016/ 2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efek implementasi Teaching Game for Understanding (TGfU) sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan bermain bolavoli pada siswa putra ekstrakuikuler SMK Murni 1 Surakarta; (2) Besarnya efek implementasi Teaching Game for Understanding (TGfU) terhadap peningkatan Keterampilan bermain bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMK Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMK Murni 1 Surakarta yang berjumlah 40 siswa dengan teknik pengambilan subjek intact group. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group. Penelitian dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dan dalam pelaksanaannya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol sebanyak 20 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 20 siswa. kelompok eksperimen diberikan perlakuan menggunakan metode Teaching Game for Understanding (TGfU) sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dengan tes membuat keputusan taktik dan pelaksanaan keterampilan yaitu dengan GPAI (Game Performance Assesment Instrument).Uji data menggunakan uji hipotesis anakova. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Teaching Game for Understanding (TGfU) merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan ketrampilan bermain bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler SMK Murni 1 Surakarta. Hal tersebut dilihat dari perbedaan hasil skor antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Berdasarkan perhitungan statistik deskriptif menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang diberi perlakuan (treatment) dengan mengimplementasikan Teaching Game for Understanding (TGfU) mempunyai skor pretest 6,7 meningkat menjadi 7,475 pada skor posttest. Sedangkan siswa yang berlatih dengan menggunakan metode konvensional mempunyai sko pretest 6,75 menjadi 7,125 pada skor posttest. Kata Kunci : Teaching Game for Understanding (TGfU), Ketrampilan Bermain Bolavoli

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2016 11:56
    Last Modified: 06 Dec 2016 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30958

    Actions (login required)

    View Item