PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN PIPA BERSIRIP PERSEGI DI DALAM UPPER TANK RADIATOR DAN PENAMBAHAN ETANOL PADA PREMIUM TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MOBIL TOYOTA KIJANG

YAMADI, NICOLAS SUBET (2016) PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN PIPA BERSIRIP PERSEGI DI DALAM UPPER TANK RADIATOR DAN PENAMBAHAN ETANOL PADA PREMIUM TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MOBIL TOYOTA KIJANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (437Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nicolas Subet Yamadi. K2512053. PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN PIPA BERSIRIP PERSEGI DI DALAM UPPER TANK RADIATOR DAN PENAMBAHAN ETANOL PADA PREMIUM TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MOBIL TOYOTA KIJANG. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) pengaruh pemanasan bahan bakar pada pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap torsi dan daya pada mobil Toyota Kijang. (2) pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium terhadap torsi dan daya pada mobil Toyota Kijang. (3) pengaruh pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator dan penambahan etanol pada bahan bakar premium terhadap torsi dan daya pada mobil Toyota Kijang. Populasi dalam penelitian ini adalah mobil Toyota Kijang 4 Silinder, sampel pada penelitian ini adalah mobil Toyota Kijang 4 silinder dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Alat pengujian menggunakan dynotest 1200 AWD. Variasi campuran bahan bakar premium dengan kadar etanol 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30%. Variasi sirip persegi dengan jarak antar sirip 10 mm, 20 mm, dan 30 mm. Hasil penelitian sebagai berikut (1) terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap torsi dan daya pada Mobil Toyota Kijang. Torsi dan daya tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip persegi 20 mm. (2) terdapat pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium terhadap torsi dan daya pada Mobil Toyota Kijang. Torsi tertinggi diperoleh pada campuran bahan bakar 15% dan daya tertinggi diperoleh pada campuran bahan bakar yang sama yaitu 15%. (3) terdapat pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium dan penggunaan pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap torsi dan daya pada mobil Toyota Kijang. Torsi dan daya tertinggi diperoleh pada penambahan etanol ke dalam bahan bakar premium 15% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip persegi 20 mm. Kata Kunci: Etanol, pipa bersirip persegi, torsi dan daya, mobil Toyota Kijang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2016 11:54
    Last Modified: 06 Dec 2016 11:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30957

    Actions (login required)

    View Item