PENGARUH PENAMBAHAN KOLOM PASIR (SAND COLUMN) SEBAGAI PERKUATAN TERHADAP NILAI LENDUTAN PADA TANAH DASAR (SUB GRADE)

F, MUHAMMAD RIZKI (2016) PENGARUH PENAMBAHAN KOLOM PASIR (SAND COLUMN) SEBAGAI PERKUATAN TERHADAP NILAI LENDUTAN PADA TANAH DASAR (SUB GRADE). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (889Kb)

    Abstract

    Pembangunan konstruksi jalan harus mempertimbangkan sifat-sifat tanah sebelum mendirikan suatu konstruksi jalan, dikarenakan tidak semua jenis tanah memiliki sifat yang baik. Permasalahan konstruksi perkerasan jalan akibat tanah lunak terjadi pada lapisan tanah dasar atau sub grade. Penelitian ditujukan untuk melihat perilaku penambahan kolom pasir atau sand column sebagai perkuatan pada tanah dasar atau sub grade lunak yang dilihat dari lendutan pada pelat penumpu pada saat dibebani beban aksial pada tanah dasar atau sub grade tanpa dan dengan perkuatan kolom pasir atau sand column. Pengujian dilakukan dengan pemberian beban pada tanah tanpa perkuatan, dengan perkuatan, serta penambahan subbase berupa kerikil setebal 30 mm dan basecourse berupa pasir setebal 30 mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kolom pasir atau sand column mampu mereduksi lendutan sebesar 41,35 % pada titik sentris dan 35,78 % pada titik eksentris. Penambahan subbase dan basecourse juga mampu mereduksi lendutan berturut-turut pada titik sentris sebesar 55,75 %; 71,15 %; dan pada titik eksentris sebesar 52,29; 66,06%. Penambahan perkuatan kolom pasir atau sand column serta lapisan subbase dan basecourse mampu mereduksi lendutan yang terjadi. Soil properties should be considered before pavement construction, because not all of soil type is appropriate to be used. The problem of pavement is occurred when its subgrade is a soft soil. The aim of this research is to find out the behaviour of soil which is reinforced with sand column. It could be seen from the deflection which occurs after axial loads are applied both on unreinforced and reinforced subgrade. Research done by giving axial loads on unreinforced subgrade, reinforced subgrade, and adding 30 mm thick gravel as subbase course and 30 mm thick sand as base course. Results show that sand column addition could decrease the deflection 41,35 % at the centric point and 35,78 % at the eccentric point. Subbase and base course addition could also decrease the deflection respectively 55,75 %; 71,15 %; at the centric point and 52,29 %; 66,06 % at the eccentric point. Thus, sand column reinforcement, subbase and base course addition could decrease the deflection occurred.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2016 11:51
    Last Modified: 06 Dec 2016 11:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30956

    Actions (login required)

    View Item