Karakteristik Sosial Ekonomi dan Partisipasi Petani dalam Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) Kedelai di Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen

A, SANDRA KASANIVA (2016) Karakteristik Sosial Ekonomi dan Partisipasi Petani dalam Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) Kedelai di Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (224Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik sosial ekonomi petani, menganalisis partisipasi petani, dan menganalisis hubungan antara karakteristik sosial ekonomi petani dengan partisipasi petani dalam kegiatan GP-PTT Kedelai di Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Metode dasar penelitian adalah explanatory (penjelasan). Lokasi penelitian di Kecamatan Kedawung dengan pertimbangan Kecamatan Kedawung merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sragen yang mengikuti kegiatan GP-PTT kedelai seluas 1.000 ha. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Rank Spearman yang tujuannya untuk mengetahui hubungan antara karakteristik sosial ekonomi petani dengan partisipasi petani dalam kegiatan GP-PTT Kedelai. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Jumlah responden yang diteliti dalam penelitian ini adalah 50 responden. Analisis untuk mengetahui tingkat signifikansi menggunakan uji t hitung. Karakteristik sosial ekonomi petani dalam penelitian ini adalah umur, pendidikan formal, pendidikan non formal, pendapatan, luas usahatani dan pengalaman berusahatani. Partisipasi petani dalam penelitian ini adalah partisipasi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta pemanfaatan hasil. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pendidikan non formal dengan tingkat partisipasi pada tahap perencanaan dan tahap pemantauan dan evaluasi. Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pengalaman berusahatani dengan tingkat partisipasi pada tahap perencanaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 06 Dec 2016 11:20
    Last Modified: 06 Dec 2016 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30948

    Actions (login required)

    View Item