Peningkatan Pemahaman Konsep Daur Air Melalui Model Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SSDN Kahuman Tahun Ajaran 2015/2016

P, FAISAL ANDRE (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Daur Air Melalui Model Explicit Instruction Pada Siswa Kelas V SSDN Kahuman Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (717Kb)

    Abstract

    PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA SEKOLAH DASAR Faisal Andre Prasetyo1), Sutijan2), Joko Daryanto3) PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta e-mail: faisalandre082@gmail.com Abstract: The purpose of this research was to improve understanding of water cycle concept through Explicit Instruction learning model to the fifth student of SD Negeri Kahuman Klaten in 2015/2016 academic year. This research was classroom action research. This research was conducted in two cycles, with each cycles conducted in two meetings. Every cycle was consist of four phases, planning, acting, observing, and reflecting. The respondent of this research were the fifth grade students of SD Negeri Kahuman Klaten, amount 39 students, of 19 male students and 20 female students. The data collection technique were observation, interview, test, and documentation. The data validity was investigated by triangulation data and triangulation technique. The technique of data analyzed was interactive analysis model, which it were consist of data collection, data reduction, data display, and conclusion. Based of the research can be concluded that Explicit Instruction model can improve understanding of water cycle in the fifth student of SD Negeri Kahuman 2015/2016 academic year. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep daur air dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas V SDN Kahuman, Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tahapan tersebut yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Kahuman, Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Jumlah siswa adalah 39 siswa, yang terdiri dari dari 19 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SDN Kahuman, Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Daur Air, Model Explicit Instruction

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2016 10:56
    Last Modified: 06 Dec 2016 10:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30946

    Actions (login required)

    View Item