pengaruh model pembelajaran berbasi proyek terhadap tingkat kerjasama dan hasil belajar siswa kelas xi smk pgri 1 surakarta

P, ELLY NUR LAILLY E (2016) pengaruh model pembelajaran berbasi proyek terhadap tingkat kerjasama dan hasil belajar siswa kelas xi smk pgri 1 surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (753Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Elly Nur Lailly Eka Puspitasari. K2512032. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP TINGKAT KERJASAMA SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD KELAS XI TPM SMK PGRI 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016 Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) pengaruj penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap tingkat kerjasama siswa, (2) perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis proyek, (3) perbedaan penerapan model pembelajaran berbasis proyek jika dibandingkan dengan model pembelajaran secara langsung terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TPM SMK PGRI 1 Surakarta dan Kelas XI TP 2 SMK Murni 1 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas XI TPM 1 sebagai kelas kontrol dan kelas TPM 2 sebagai kelas eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. pengumpulan data dengan teknik observasi untuk nilai kerjasama dan tes untuk hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji T. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama,pengaruh lebih baik terhadap kerjasama siswa dengan selisih rata-rata nilai kerjasama 21%. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek jika dibandingkan dengan model pembelajaran secara langsung dengan nilai sig. 0,010 (t.hit= - 2,703< t.0,05= - 2,024).Ketiga, Terdapat perbedaan yang berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Berbasis proyek pada mata pelajaran AutoCAD 2D dengan nilai sig.0,001 (t.hit= - 4,254< t.0,05= - 2,042). Kata Kunci :Model Pembelajaran Berbasis Proyek, kerjasama, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2016 10:51
    Last Modified: 06 Dec 2016 10:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30944

    Actions (login required)

    View Item