PENINGKATAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH PUNGGAWAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

P, Prista Dewi (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH PUNGGAWAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (142Kb)

    Abstract

    Prista Dewi Permatasari. PENINGKATAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH PUNGGAWAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah melalui metode kooperatif tipe make a match pada anak kelompok B TK Aisyiyah Punggawan Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Punggawan Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah melalui metode kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah anak kelompok B TK Aisyiyah Punggawan Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman huruf hijaiyah anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 60%, siklus I sebesar 72%, dan siklus II sebesar 88%. Kata Kunci: pemahaman huruf hijaiyah, metode kooperatif tipe make a match

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 06 Dec 2016 00:23
    Last Modified: 06 Dec 2016 00:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30934

    Actions (login required)

    View Item