analisis menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi lingkaran ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas viii SMP n 3 Kartasura tahun ajaran 2015/2016

Hidayah, Khoirul (2016) analisis menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi lingkaran ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas viii SMP n 3 Kartasura tahun ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (47Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian: (1) Mengetahui kesulitan menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi lingkaran pada siswa field dependent kelas VIII SMP N 3 Kartasura (2) Mengetahui kesulitan menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi lingkaran pada siswa field independent kelas VIII SMP N 3 Kartasura (3) Memberikan alternatif cara mengatasi permasalahan pembelajaran matematika pada siswa field dependent dan field independent. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Subjek penelitian diambil secara purposive sampling dari siswa VIII A SMP N 3 Kartasura pada tahun ajaran 2015/2016. Untuk setiap kategori gaya kognitif dipilih 3 subjek. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan wawancara. Validitas data penelitian dengan cara triangulasi waktu, yaitu dengan membandingkan data hasil wawancara berbasis tugas 1 dan 2. Analisis data jawaban siswa didasarkan pada Newman’s Error Analysis (NEA). Hasil penelitian: (1) Kesulitan menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi lingkaran pada siswa field dependent adalah kesulitan memahami permasalahan, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat, ketidakmampuan menterjemahkan dalam bentuk matematika, dan ketidakmampuan melakukan prosedur matematika yang benar. (2) Dan pada siswa field independent adalah kesulitan memahami permsalahan, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat, ketidakmampuan menterjemahkan dalam bentuk matematika, dan ketidakmampuan melakukan prosedur matematika yang benar. (3) Alternatif pembelajaran matematika yang sesuai untuk siswa field dependent adalah dengan pembelajaran langsung untuk siswa field independent adalah dengan pembelajaran menggunakan model inkuiri pendekatan kontekstual. Kata Kunci: kesulitan, masalah matematika kontekstual, lingkaran, gaya kognitif, field dependent, field independent

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 05 Dec 2016 23:47
    Last Modified: 05 Dec 2016 23:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30921

    Actions (login required)

    View Item