Analisis Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Studi kasus kelas X.

P, Khanifan Kusuma (2016) Analisis Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Studi kasus kelas X. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (313Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Menganalisa dan mendiskripsikan tentang perencanaan pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Surakarta. (2) Memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Surakarta. (3) Memperoleh gambaran tentang penilaian dan evaluasi pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Surakarta. (4) Memperoleh gambaran tentang kendala dalam pembelajaran sejarah di MAN 2 Surakarta. Pelaksanaan penelitian ini di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta, Metode yang digunakan adalah bentuk kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian kasus tunggal terpancang. Data dan sumber data terdiri dari informan/narasumber (guru dan siswa), aktivitas pembelajaran, dokumen/arsip yang berupa silabus, kalender akademik, program tahunan, program semester, RPP, buku pelajaran, buku-buku pendamping pelaja`an yang relevan, soal-soal untuk evaluasi serta dokumen yang mendukung penelitian lainnya. Data digali melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data digunakan model analisis interaktif yang dilaksankan melalui tiga komponen, yaitu : reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta (1) Perencanaan pembelajaran sejarah yang meliputi penyusunan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan perangkat lain sudah dilakukan oleh guru sejarah di MAN 2 Surakarta. (2) Pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta berjalan dengan baik. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati,menanya, mengeksplorasikan, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran sejarah yang didasarkan pada kurikulum 2013 adalah model pembelajaran problem base learning. dalam kegiatan pembelajaran siswa harus aktif untk menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. (3) Penilaian pembelajaran sejarah yang dilakukan di MAN 2 Surakarta meliputi penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan guru dengan cara observasi langsung saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan penilaian hasil dilakukan dengan memberikan tes dan tugas yang akan dijadikan instrumen untuk menilai. (4) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah di MAN 2 Surakarta antara lain adalah sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran, ketersediaan buku sumber khususnya sejarah peminatan masih kurang, serta rasio jumlah jam dan materi pelajaran yang kurang proporsional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 05 Dec 2016 23:43
    Last Modified: 05 Dec 2016 23:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30920

    Actions (login required)

    View Item