Kajian Pemulihan Penetrasi Beton Ringan Dan Beton Ringan Berserat Aluminium Menggunakan Agregat Kasar Pecahan Genteng Pasca Bakar Dengan Variasi Waktu Rendaman Air

W, Eko Prasetyo (2016) Kajian Pemulihan Penetrasi Beton Ringan Dan Beton Ringan Berserat Aluminium Menggunakan Agregat Kasar Pecahan Genteng Pasca Bakar Dengan Variasi Waktu Rendaman Air. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (146Kb)

    Abstract

    Eko Prasetyo Widhiyono, Antonius Mediyanto, Slamet Prayitno. 2016. “Kajian Pemulihan Penetrasi Beton Ringan Dan Beton Ringan Berserat Aluminium Menggunakan Agregat Kasar Pecahan Genteng Pasca Bakar Dengan Variasi Waktu Rendaman Air”. Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Beton merupakan bahan struktur yang sering digunakan di sebuah konstruksi. Kebakaran yang sering terjadi mengakibatkan kerusakan pada beton. Penelitian ini membahas seberapa besar nilai penetrasi beton ringan dan beton ringan berserat aluminium pada kondisi pasca bakar dan setelah mendapat perawatan ulang (water curing) untuk mengetahui waktu curing optimal yang ditinjau dari nilai penetrasinya. Penelitan ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan benda uji berupa silinder beton sebanyak 30 buah. Benda uji dicetak di dalam pipa PVC dengan ukuran diameter 8,5 cm dan tinggi 15 cm. Benda uji tersebut diuji pada dua kondisi berbeda yaitu tanpa pembakaran dan dengan pembakaran pada suhu 500oC. Variasi yang diberikan pada benda uji adalah variasi campuran yaitu beton ringan dan beton ringan berserat aluminium dan variasi perawatan setelah pembakaran yaitu tanpa perawatan, perawatan selama 28 hari, 42 hari, dan 56 hari. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa beton yang dibakar pada suhu 500°C bertambah nilai penetrasinya. Nilai penetrasi beton ringan dengan variasi tanpa pembakaran, variasi pembakaran 500°C, variasi pembakaran 500°C + curing 28 hari, variasi pembakaran 500°C + curing 42 hari, dan variasi pembakaran 500°C + curing 56 hari adalah sebesar 2,83 cm; 3,83 cm; 3,33 cm; 3,17 cm; 2,83 cm. Pada beton ringan berserat aluminium dengan variasi yang sama yang diberikan pada beton ringan didapatkan nilai penetrasinya sebesar 2,67 cm; 4,00 cm; 3,50 cm; 3,33 cm; 3,00 cm. Pemulihan optimal beton terjadi pada perawatan selama 56 hari. Pada beton ringan terjadi pemulihan sebesar 66,67% dan pada beton ringan berserat aluminium terjadi pemulihan sebesar 75,19%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 05 Dec 2016 23:25
    Last Modified: 05 Dec 2016 23:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30914

    Actions (login required)

    View Item