Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Museum Gula Gondang Winangoen dalam Pembelajaran Sejarah untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Siswa Kelas XI SMK Muhammadyah 2 Sragen

Munandziroh, Anis (2016) Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Museum Gula Gondang Winangoen dalam Pembelajaran Sejarah untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Siswa Kelas XI SMK Muhammadyah 2 Sragen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (252Kb)

    Abstract

    Anis Munandziroh. S861408008. 2016. Pengembangan Media Audiovisual Berbasis Museum Gula Gondang Winangoen Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Sragen. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Akhmad Arif Mursadad, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan media pembelajaran sejarah yang selama ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Sragen, 2) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis Museum Gula Gondang Winangoen, 3) mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis Museum Gula Gondang Winangoen untuk menumbuhkan Jiwa entrepreneurship siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model desain ASSURE. Model ASSURE ini menganjurkan 6 tahapan utama yaitu: 1) menganalisis pembelajar, 2) menyatakan standart dan tujuan, 3) memilih metode, media, dan materi, 4) menggunakan teknologi, media dan materi, 5) mengharuskan partisipasi pembelajar, 6) mengevaluasi dan merevisi. Pembuatan media audiovisual dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi windows movie maker, yang kemudian diperoleh produk akhir berupa video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran Sejarah yang selama ini dipakai di SMK Muhammadiyah 2 Sragen masih menggunakan metode konvensional yang verbalistik dan tergantung pada buku teks; 2) Pengembangan media audiovisual berbasis Museum Gula Gondang Winangoen dalam pembelajaran Sejarah telah melalui tahap uji validasi oleh tim ahli yang selanjutnya diujicobakan dalam pembelajaran di kelas pengembangan (XI TP 3); 3) Hasil uji efektivitas menunjukkan T_hitung 4,754 > T_tabel 2,052 untuk tes prestasi dan T_hitungyaitu 3,345 > T_tabel 2,052 untuk skor Jiwa entrepreneurship dengan uji 2 sisi menggunakan dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan kemampuan prestasi dan skor Jiwa entrepreneurship siswa antara kelas eksperimen dan kelas control memiliki perbedaan yang positif dan signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Museum Gula Gondang Winangoen efektif menumbuhkan Jiwa entrepreneurship siswa Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, Sejarah, audiovisual, Jiwa entrepreneurship Anis Munandziroh. S861408008. 2016. Development of Audio Visual Media Based Sugar Museum Gondang Winangoen In History Learning To Grow spirit of Entrepreneurship Class XI student of SMK Muhammadiyah 2 Sragen. Thesis. First Counselor: Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd., Second Counselor: Dr. Akhmad Arif Mursadad, M.Pd. Master of Historical Education Study Program, Teacher Training and Education Faculty. Surakarta Sebelas Maret University. ABSTRACT This research aimed: 1) to describe the instructional media history that had been held at SMK Muhammadiyah 2 Sragen, 2) to describe the process of development of instructional media history-based Sugar Museum gondang winangoen, 3) to describe the effectiveness of instructional media history-based Sugar Museum Gondang Winangoen to cultivate the spirit entrepreneurship students. This research is a research & development (R&D), which uses design models ASSURE. Model ASSURE recommends six main stages, that is: 1) analyze the learners, 2) state standards and objectives, 3) selecting methods, media, and materials, 4) use of technology, media and materials, 5) requires the participation of learners, 6) evaluate and revise. Making the audiovisual media developed by utilizing application windows movie maker, who later obtained a final product in the form of video. The results of research showed that: 1) Media History lesson that has been used in SMK Muhammadiyah 2 Sragen still using conventional methods verbalistic and depend on textbooks; 2) Development of audiovisual media based Sugar Museum Gondang Winangoen in History teaching has been through the stage of validation by a team of experts who subsequently tested in the classroom learning development (XI TP 3); 3) The test results demonstrate the effectiveness of T_(hitung )4,754 > T_tabel 2,052 for achievement tests and T_(hitung ) 3,345 > T_tabel 2,052 to score the spirit of entrepreneurship with 2 side using the test with a significance level of 0,05. This demonstrates the ability of the achievements and spirit of entrepreneurship students score between the experimental class and a control class has a positive and significant difference. It can be concluded that the media-based learning Sugar Museum Gondang Winangoen effectively foster the spirit of entrepreneurship students. Keywords: development, instructional media, History, audiovisual, the spirit of entrepreneurship.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 05 Dec 2016 22:59
    Last Modified: 05 Dec 2016 22:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30905

    Actions (login required)

    View Item