PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR BUMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Banaran 04 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016)

DEWI, PUTRI CHINTYA (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR BUMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Banaran 04 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (261Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Putri Chintya Dewi. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR BUMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Banaran 04 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016) . Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pemahaman konsep struktur bumi siswa dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri Banaran 04 Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Uji validitas data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pemahaman konsep struktur bumi. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep struktur bumi siswa pada setiap siklus, yaitu nilai rata-rata pemahaman konsep struktur bumi siswa pratindakan hanya sebesar 59,5. Pada siklus I nilai rata-rata pemahaman konsep struktur bumi siswa menjadi 72,03 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,03. Sebelum dilakukan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM ( ≥70) hanya 9 siswa (30%). Pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa (66,67%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 27 siswa (90%). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pemahaman konsep struktur bumi pada siswa kelas V SD Negeri Banaran 04 Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : pemahaman konsep struktur bumi, metode mind mapping ABSTRACT Putri Chintya Dewi. K7112186. THE IMPROVING OF COMPREHENSION ON THE CONCEPT OF EARTH STRUCTURE USING MIND MAPPING METHOD (Classroom Action Researches on the Fifth Grade Students of SDN Banaran 04 Grogol Sukoharjo in the Academic Year of 2015/2016). Skripsi, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University Surakarta. August 2016. The purpose of this research was to improve quality of learning process and comprehension on the concept of earth structure by using mind mapping method on the fifth grade students of SDN Banaran 04 Grogol Sukoharjo in the academic year of 2015/2016. The form of this research was classroom action researches that go on of two cycles. The research subject are the homeroom teacher and the fourth grade students. Validity data used by sources and technique triangulation. The technique of analysis data used interactive analyses consist of four components, they are data collecting, data reduction, data display, and conclusion. Based on result of the research, it can be concluded that using mind mapping method can improve the quality of learning process and comprehension on the concept of earth structure. Improvement of the students could be seen in the increased comprehension on the concept of earth structure among the students for the each cycle, that are before the action, the average comprehension on the concept of earth structure among students was 59,5. In the first cycle, the average value increased to 72,03, and in the second cycle the average grade increased to 81,03. Before action of the research, students who acquired KKM grade ≥70 were 9 students (30%). In the first cycle, the number of students increased to 20 students (66,67%) and in the second cycle the number of the students increased again became 27 students (90%). Conclusions from this research is the using of mind mapping method can improve the quality of learning and comprehension on the concept of earth structure the fifth grade students of SDN Banaran 04 Grogol Sukoharjo in the academic year of 2015/2016. Keywords : comprehension on the concept of earth structure, mind mapping method

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 21:35
    Last Modified: 05 Dec 2016 21:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30902

    Actions (login required)

    View Item