PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN 02 JETIS KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Nugraheni, Puput Martha (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN 02 JETIS KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (828Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Puput Martha Nugraheni. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN 02 JETIS KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SD Negeri 02 Jetis Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 02 Jetis Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model deskriptif komparatif dengan 4 komponen, yaitu penyediaan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Validitas isi digunakan untuk memvalidasi instrumen soal tes. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus bersifat konvensional diperoleh rata-rata hasil tes awal sebelum tindakan yaitu 57,80 dengan ketuntasan klasikal 36,67%. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa menjadi 72,42 dengan ketuntasan klasikal 76,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa menjadi 81,92 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya materi daur air pada siswa kelas V SDN 02 Jetis Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Numbered Heads Together, pemahaman konsep, daur air ABSTRACT Puput Martha Nugraheni. THE IMPROVING OF UNDERSTANDING CONCEPT OF RECYCLING WATER USING NUMBERED HEADS TOGETHER TYPE OF COOPERATIVE MODEL IN THE Vth GRADERS OF SD NEGERI 02 JETIS ACADEMIC YEAR 2015/2016. Skripsi. Teacher Training And Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University. 2016. The purpose of this research is to improve understanding of the concept of recycling water in class V SD Negeri 02 Jetis Karanganyar academic year 2015/2016 using Numbered Heads Together type of cooperative model. This study was a classroom action research (CAR). This research was conducted during two cycles with the stages of planning, action, observation and reflection. The subject of research were teachers and students of class V SDN 02 Jetis Karanganyar academic year 2015/2016 with the number of 30 students. Data collection techniques used were observation, interview, test, and document review. Data analysis technique used was an in comparative description model with four components, namely the provision of data, data reduction, data precentation and conclusion. Mechanical validity of the data used were content validity and triangulation. Content validity used to validate test questions of the instruments. Triangulation is used triangulation of data sources and data collection techniques. The results of research showed that the Numbered Heads Together type of cooperative model could improve understanding of the concept recycling water from pre-cycle to cycle I, cycle II. The learning process in pre-cycle was conventional the average value gotten in the pre-cycle was 57,80 with classical completeness 36,67%. After using Numbered Heads Together type of cooperative model the improvement took place in the cycle I showed that average 72,42 and classical completeness increase 76,67%. In cycle II the improvement took place showed that average 81,92 with classical completeness increase 86,67%. Based on the results, it can be concluded that the use Numbered heads Together type of cooperative model can improve understanding of the concept recycling water in grade V SDN 02 Jetis Karanganyar academic year 2015/2016. Keyword :Numbered Heads Together, understanding of concept, recycling water

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 21:31
    Last Modified: 05 Dec 2016 21:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30901

    Actions (login required)

    View Item