PENGARUH KEBERADAAN WANITA DALAM DEWAN KOMISARIS DAN MANAJEMEN LEVEL ATAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN Go Public dan Non Go Public di Indonesia Tahun 2012-2014)

R, NURALITA ARYANI (2016) PENGARUH KEBERADAAN WANITA DALAM DEWAN KOMISARIS DAN MANAJEMEN LEVEL ATAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN Go Public dan Non Go Public di Indonesia Tahun 2012-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1465Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keberadaan wanita dalam dewan komisaris dan manajemen level atas terhadap manajemen laba. Manajemen laba diproksikan sebagai discretionary accruals yang diperoleh melalui nilai residu dari Model Jones Dimodifikasi. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sejumlah 111 perusahaan BUMN go public dan non go public tahun 2012-2014. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa keberadaan wanita dalam komite audit berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Sebaliknya, keberadaan wanita dalam dewan komisaris dan dewan direktur tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Hasil dari variabel kontrol, ROA berpengaruh positif terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran KAP, status perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata Kunci: wanita, gender, manajemen level atas, manajemen laba, BUMN

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 21:27
    Last Modified: 05 Dec 2016 21:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30900

    Actions (login required)

    View Item