PERILAKU KOMUNIKASI FRONTLINER PT GARUDA INDONESIA BRANCH OFFICE SOLO DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI SEBAGAI AIRLINE TERBAIK (Studi deskriptif Kualitatif Five Star Airline)

MEGAWATI, BELLA CAHYA (2016) PERILAKU KOMUNIKASI FRONTLINER PT GARUDA INDONESIA BRANCH OFFICE SOLO DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI SEBAGAI AIRLINE TERBAIK (Studi deskriptif Kualitatif Five Star Airline). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (814Kb)

    Abstract

    ABSTRAK BELLA CAHYA MEGAWATI, D1213020, PERILAKU KOMUNIKASI FRONTLINER PT. GARUDA INDONESIA BRANCH OFFICE SOLO DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI AIRLINE TERBAIK ( Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Komunikasi Frontliner Five Star Airlines ). Skripsi S1, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2016. Penelitian ini untuk mengetahui perilaku komunikasi, tanggapan pelanggan terhadap perilaku komunikasi, dan hambatan dilalui frontliner PT. Garuda Indonesia Branch Office Solo. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan data primer dengan observasi dan wawancara terhadap karyawan dan pengunjung. Data sekunder menggunakan dokumen resmi, foto-foto, dan sumber lain yeng melengkapi penelitian. Teknik analisa penelitian menggunakan model interaktif dengan komponen utama reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antarpribadi yaitu teori Pertukaran sosial (Social Exchange Theory) dari Thibaut dan Kelley. Teori ini didasarkan pada ide bahwa orang memandang hubungan mereka dalam konteks ekonomi, dengan menghitung pengorbanan dan membandingkannya penghargaan yang didapatkan dari hubungan itu. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa 1) Perilaku komunikasi frontliner, merupakan kualitas komunikasi interpersonal yang baik perlu dimiliki oleh karyawan terutama yang berhubungan langsung dengan stakeholder termasuk pelanggan diantaranya: a) Layanan prima, pelayanan prima berorientasi kepada kepuasan pelanggan yang berfokus pada fokus pada pelanggan (attention), sikap dan perilaku (attitude&behaviour), penampilan diri (self-appearance), pengetahuan dan kemampuan, tindakan positif (positive action), b) Standart sikap dan perilaku yang terfokus pada pelayanan kepada setiap pelanggan, cara memberikan informasi kepada pelanggan, menangani keluhan pelanggan, sikap yang dilarang ketika melayani pelanggan, 2) Tanggapan pelanggan terhadap perilaku komunikasi frontliner, pelanggan merasa bahwa frontliner mampu menjalankan peran yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), pelanggan menanggapi positif setiap pernyataan yang diajukan, serta memiliki kepedulian yang baik sebagai teman bicara dan mampu memberikan solusi dari setiap kasus yang dihadapi pelanggan dengan solusi yang baik dan tidak merugikan perusahaan, 3) Hambatan-hambatan dalam perilaku komunikasi frontliner, dari pelanggan keinginan pelanggan bahwa pelayaanan harus sempurna, sehingga ketelitian frontliner menjadi penting, sedangkan dari rekan frontliner adalah perbedaan pendapat tentang solusi dari suatu kasus. Hambatan lain adalah perbedaan tingkat pendidikan pelanggan berpengaruh dengan tingkat kesabaran dalam melayani, masih susah untuk kontrol emosi. Kata kunci: perilaku, komunikasi, tanggapan, sikap, frontliner. ABSTRAC BELLA CAHYA MEGAWATI, D1213020, COMMUNICATION BEHAVIOR FRONTLINER PT. GARUDA INDONESIA SOLO BRANCH OFFICE IN MAINTAINING THE BEST AIRLINE REPUTATION (Qualitative Descriptive Study of Communication Behavior Frontliner Five Star Airlines). Skripsi S1, Non Reguler Mass Communication Study Program of Social and Political Science Faculty of Sebelas Maret University, Surakarta 2016. This research is to study the behavior of communication, customer responses to the communication behavior and impassable barriers frontline PT. Garuda Indonesia Branch Office Solo. The research method used descriptive qualitative. Sources of data research using primary data through observation and interviews with employees and visitors. Secondary data using official documents, photographs, and other sources of research complements the GCC. Research analysis technique using an interactive model of the main components of data reduction, data presentation, and conclusion and verification. This study uses the theory of interpersonal communication that social exchange theory of Thibaut and Kelley. This theory is based on the idea that people look at their relationship in the context of the economy, by calculating and comparing the sacrifice of awards obtained from the relationship. Research results and conclusions show that 1) The behavior of the communication front liners, the quality of interpersonal communication needs to be owned by employees, especially in direct contact with stakeholders including customers such as: a) Service Excellent, excellent service oriented to customer satisfaction focused on focused on the customer ( attention), attitudes and behavior (attitude and behavior), grooming (self-appearance), knowledge and abilities, positive action (positive action), b) Standart attitudes and behaviors that are focused on service to every customer, by providing information to customers, handle customer complaints, an attitude which is prohibited when serving customers, 2) the customer responses to the communication behavior of frontline, customers feel that the frontline is able to perform the role according to the standard operating procedures (SOP), customers have responded positively every statement filed, and has concern both as interlocutor and able to provide solutions of each case faced by customers with a good solution and are not detrimental to the company, 3) barriers in communication behavior frontline, customer desires of customers that pelayaanan to be perfect, so the accuracy of the frontline to be important, while from fellow front-liner is a disagreement about the solution of the case. Another obstacle is the difference in education levels affect customers with a level of patience in the airport, it is still difficult to control emotions. Keywords: behavior, communication, feedback, attitude, frontliner.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 21:03
    Last Modified: 05 Dec 2016 21:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30892

    Actions (login required)

    View Item