MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI A MI MUHAMMADIYAH TRANGSAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

TRIATMOJO, ANTOK BUDI (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI A MI MUHAMMADIYAH TRANGSAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (261Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Antok Budi Triatmojo. K4612019. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI A MI MUHAMMADIYAH TRANGSAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. September 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru melalui modifikasi alat pembelajaran pada siswa kelas VI A MI Muhammadiyah Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas VI A MI Muhammadiyah Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 16 siswa yang semuanya adalah siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke Siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar tolak peluru pada siklus I yang dinyatakan lulus mencapai 50% atau sebanyak 8 siswa dari 16 siswa. Peningkatan hasil belajar tolak peluru juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 87,5% atau sebanyak 14 siswa yang tergolong kriteria Tuntas dengan KKM 75 dan hanya 2 siswa yang tergolong dalam kategori Tidak Tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : Menerapkan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VI A MI Muhammadiyah Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : Hasil Belajar, Tolak Peluru, Modifikasi Alat Pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Dec 2016 19:08
    Last Modified: 05 Dec 2016 19:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30880

    Actions (login required)

    View Item