Analisis Kesantunan Tindak Tutur pada Kumpulan Crita Cekak Blangkon serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa SMP

SYAMSIYAH, YUYUN (2016) Analisis Kesantunan Tindak Tutur pada Kumpulan Crita Cekak Blangkon serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (829Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yuyun Syamsiyah. K4212074. ANALISIS KESANTUNAN TINDAK TUTUR PADA KUMPULAN CRITA CEKAK BLANGKON SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JAWA SMP. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesantunan tindak tutur pada kumpulan crita cekak Blangkon; (2) mendeskripsikan relevansi kesantunan tindak tutur pada kumpulan crita cekak Blangkon sebagai materi ajar pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah dokumen dan informan dengan dokumen berupa crikak pada kumpulan crikak Blangkon serta informan berupa pakar budaya Jawa, pakar pembelajaran bahasa, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan juga siswa SMP. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara mendalam. Pengambilan subjek penelitian berdasarkan petimbangan tertentu sehingga teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif (interactive analysis model). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, tindak tutur pada kumpulan crikak Blangkon merupakan tindak tutur yang cukup santun. Pada kelima judul crikak yang digunakan sebagai data, ditemukan 3 tindak tutur asertif kurang santun, 16 tindak tutur asertif cukup santun, 32 tindak tutur asertif santun, 1 tindak tutur direktif tidak santun, 3 tindak tutur direktif kurang santun, 12 tindak tutur direktif cukup santun, 46 tindak tutur direktif santun, 1 tindak tutur komisif kurang santun, 7 tindak tutur komisif cukup santun, 6 tindak tutur komisif santun, 3 tindak tutur ekspresif kurang santun, 11 tindak tutur ekspresif cukup santun, 18 tindak tutur ekspresif santun, dan tidak ditemukan adanya pemakaian tindak tutur deklaratif. Kumpulan crikak Blangkon sesuai dan relevan digunakan sebagai materi ajar pembelajaran berbicara bahasa Jawa dengan kompetensi dasar berdialog dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai. Kata Kunci: kesantunan, tindak tutur, kumpulan crikak Blangkon, materi ajar bahasa Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Dec 2016 15:08
    Last Modified: 05 Dec 2016 15:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30872

    Actions (login required)

    View Item