PERAN LOAN SERVICE DALAM PROSES PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BERSUBSIDI (Studi Kasus Pada Loan Service di PT. BTN (persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Sukoharjo)

SUTARTO, (2010) PERAN LOAN SERVICE DALAM PROSES PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BERSUBSIDI (Studi Kasus Pada Loan Service di PT. BTN (persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Sukoharjo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (857Kb)

    Abstract

    Pengertian kredit berasal dari bahasa Yunani “credere” yang berarti kepercayaan atau dalam bahasa latin “Creditum” yang berarti kepercayaan atau kebenaran. Dalam praktek seharihari pengertian ini selanjutnya berkembang luas antara lain kredit dalam UU No. 10 Th 1998 tentang perbankan pasal 1 ayat 2, yang merumuskan : “Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjammeminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga” Dengan melakukan magang, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja, membandingkan dan menerapkan pengetahuan akademis yang telah didapatkan pada perkuliahan dengan kondisi riil di lapangan, sebagai syarat penyusunan tugas akhir berkenaan dengan gambaran umum perusahaan yang bersangkutan dan mengetahui langkah yang dilakukan Loan Service dalam proses pemberian KPR Bersubsidi. Penelitian dilakukan di PT. BTN. (persero), KCP Sukoharjo. Data yang dikumpulkan yaitu tentang diskripsi umum PT. BTN. (persero), KCP.Sukoharjo, kinerja Loan Service dalam proses pemberian kredit, serta data nasabah yang menggunakan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Data tersebut terdiri dari data primer, dalam pengumpulan data ini penulis mengadakan pengamatan dan peninjauan langsung di PT. BTN. (persero), KCP. Sukoharjo. Data yang diperoleh penulis berupa kinerja Loan Service dalam proses transaksi kredit yaitu tahap pengenalan produk, syarat-syarat pengajuan kredit, tahap wawancara, tahap realisasi kredit, dan tahap pengarsipan data. Kemudian data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari internet, buku, maupun dari selebaran yang berisi Sejarah singkat perkembangan PT. BTN, Visi Dan Misi, Budaya Kerja, Nilai Dasar dan Etika Pegawai, Produk-produk Bank, dan Struktur Organisasi. Metode Pembahasan Masalah yang digunakan oleh penulis dengan model pembahasan Diskriptif, yaitu pembahasan dengan menggambarkan dan menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai suatu obyek yang di teliti. Kata Kunci : Peran Loan Service, Proses Pemberian Kredit

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Isro'iyatul Mubarokah
    Date Deposited: 13 Jul 2013 16:52
    Last Modified: 13 Jul 2013 16:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3087

    Actions (login required)

    View Item