PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN MELALUI PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 SDN KARANGASEM IV NO. 204 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

W, SETYARI HERLIA (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN MELALUI PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 SDN KARANGASEM IV NO. 204 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (902Kb)

    Abstract

    Setyari Herlia Wardananti. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN MELALUI PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 SDN KARANGASEM IV NO. 204 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimpulkan melalui penerapan scientific approach pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas 5 SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Siswa kelas 5 terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan scientific approach dapat meningkatkan keterampilan menyimpulkan pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata keterampilan menyimpulkan siswa pada pra siklus adalah 58,75 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 28,13% siswa yang mencapai batas nilai KKM sebesar 70. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,07 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 62,50%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat 79,06 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 84,38%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa scientific approach dapat meningkatkan keterampilan menyimpulkan pada mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SDN Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Scientific approach, Keterampilan menyimpulkan pada mata pelajaran IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Dec 2016 14:56
    Last Modified: 05 Dec 2016 14:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30866

    Actions (login required)

    View Item