PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

, PUSPITANINGRUM (2016) PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (553Kb)

    Abstract

    Puspitaningrum. PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA SISWA KELAS II SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta yang berjulmah 20 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Sumber data berasal dari siswa kelas II, guru kelas II, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif. Hasil penelitian ini terjadi peningkatan nilai keterampilan menulis tegak bersambung mulai dari prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Tingkat ketuntasan klasikal pada prasiklus sebanyak 5 siswa atau sebesar 25%. Pada siklus I ketuntasan klasikal sebanyak 12 siswa atau sebesar 60%. Pada siklus II ketuntasan klasikal sebanyak 15 siswa atau sebesar 75 %. Sedangkan pada siklus III sebanyak 17 siswa atau sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Peningkatan nilai keterampilan menulis tegak bersambung siswa dapat dilihat pada setiap siklus. Kata Kunci: keterampilan menulis, tegak bersambung, metode drill

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Dec 2016 14:50
    Last Modified: 05 Dec 2016 14:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30864

    Actions (login required)

    View Item