Peningkatan Keaktifan Bertanya Melalui Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016

KUSUMAWARDANI, WAHYU (2016) Peningkatan Keaktifan Bertanya Melalui Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1381Kb)

    Abstract

    Wahyu Kusumawardani, K4312070. PENINGKATAN KEAKTIFAN BERTANYA MELALUI INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS X MIA 6 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Penelitian ini bertujuan menerapkan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keaktifan bertanya dalam materi Animalia siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam 3 siklus meliputi : tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Model pembelajaran yang diterapkan adalah inkuiri terbimbing meliputi 6 tahap yaitu: observe, formulate inquiry question, develop hypothesis, design and conduct investigation, analyze data, dan arguing. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan skor keaktifan bertanya dalam materi Animalia siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 pada penerapan model inkuiri terbimbing. Peningkatan keaktifan bertanya siswa ditunjukkan dengan meningkatnya capaian skor aspek keaktifan bertanya siswa kepada guru, kepada teman, dan secara tertulis dari pratindakan sampai siklus 3. Perolehan skor aspek keaktifan bertanya siswa kepada guru dari 7,5% pada pratindakan menjadi 40% pada siklus 1, selanjutnya meningkat menjadi 50% pada siklus 2 dan meningkat menjadi 55% di siklus 3. Perolehan skor aspek keaktifan bertanya siswa kepada teman dari 0% pada pratindakan menjadi 80% pada siklus 1, selanjutnya meningkat menjadi 95% pada siklus 2 dan siklus 3. Perolehan skor aspek keaktifan bertanya siswa secara tertulis dari 0% pada pratindakan menjadi 37,5% pada siklus 1, selanjutnya meningkat menjadi 45% pada siklus 2 dan meningkat menjadi 52,5% di siklus 3. Peningkatan setiap aspek keaktifan bertanya siswa dari pratindakan sampai siklus 3 sudah mencapai target penelitian, yaitu ≥50%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan bertanya dalam materi Animalia siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : keaktifan bertanya, inkuiri terbimbing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 14:29
    Last Modified: 05 Dec 2016 14:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30857

    Actions (login required)

    View Item