PENGARUH EKSTRAK PROPOLIS TERHADAP PENEKANAN EKSPRESI PROTEIN Bcl2, PENINGKATAN EKSPRESI p21 DAN INDUKSI APOPTOSIS PADA KULTUR SEL KANKER SERVIK ( HELA CELL LINE)

SUSANTO, TRI HADI (2016) PENGARUH EKSTRAK PROPOLIS TERHADAP PENEKANAN EKSPRESI PROTEIN Bcl2, PENINGKATAN EKSPRESI p21 DAN INDUKSI APOPTOSIS PADA KULTUR SEL KANKER SERVIK ( HELA CELL LINE). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1040Kb)

    Abstract

    Latar Belakang Kanker serviks merupakan penyebab kematian ketiga akibat kanker pada wanita di Dunia. Di Indonesia, kanker serviks merupakan penyebab kematian utama pada perempuan dalam tiga dasa warsa terakhir. Berbagai strategi terapi pengobatan kanker serviks dengan menggunakan terapi bedah, radioterapi, dan kemoterapi maupun kombinasi ketiganya relatif belum optimal. Perlunya pengobatan kanker yang aman, efektif dan selektif pada sel kanker inilah yang mendorong dilakukannya eksplorasi bahan alam yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai antikanker.Salah satu produk natural yang potensial untuk dikembangkan sebagai agen ko-kemoterapi adalah propolis. Pada berbagai penelitian in vitro, propolis berperan dalam menginduksi apoptois dan menghambat prolifersi pada berbagai jenis sel kanker. Tujuan Penelitian Mengetahui pengaruh pemberian propolis yang berasal dari Kerjo, Karanganyar, Indonesia terhadap induksi proses apoptosis dan aktivitas antiproliferasi, terutama terkait dengan penekanan ekspresi protein Bcl 2 dan peningkatan aktivasi p21 pada kultur sel hela (cell line kanker servik). Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik dengan menggunakan post test with control group design. Penelitian dilakukan pada kultur sel hela (sel kanker servik) dengan pemberian propolis. Pengamatan ekspresi p21 dan ekspresi protein Bcl2 dilakukan dengan metode imunositokimia, sedangkan pengamatan induksi apoptosis dilakukan dengan flowcytometry. Analisis statistik menggunakan uji ANOVA, signifikan bila p <0,05. Hasil Penelitian EEP cenderung menekan viabilitas sel hela dengan IC50 sebesar 70 µg/mL. EEP konsentrasi 35,70,140 µg/mL mampu meningkatkan ekspresi p21 dan menekan ekspresi Bcl2 yang sebanding dengan peningkatan konsentrasi yang diberikan. EEP konsentrasi 35,70,140 µg/mL mampu menginduksi apoptosis sebanding dengan peningkatan konsentrasi yang diberikan Kesimpulan Pemberian ekstrak etanol propolis mempunyai pengaruh terhadap penekanan ekspresi Bcl2, peningkatan ekspresi p21, dan induksi apoptosis pada kultur sel kanker servik (Hela Cell Line). Kata kunci : Propolis, Bcl2, p21, Sel Hela

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RB Pathology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 05 Dec 2016 14:03
    Last Modified: 05 Dec 2016 14:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30855

    Actions (login required)

    View Item