RESPONSIVITAS BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA (BAPERMAS PP PA DAN KB) SURAKARTA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL

R, VERNANDA REFTIYANA (2016) RESPONSIVITAS BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA (BAPERMAS PP PA DAN KB) SURAKARTA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1440Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Vernanda Reftiyana Ramadhani. D0112090. Responsivitas Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas PP PA dan KB) Surakarta dalam Memberikan Perlindungan terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2016. Maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak harus ditanggapi serius oleh Pemerintah. Perlindungan terhadap anak menjadi hal yang mutlak dilakukan khususnya perlindungan terhadap anak korban kekerasan seksual. Pemerintah dituntut untuk responsif melindungi anak korban kekerasan seksual mengingat anak adalah pihak yang lemah dan tak memiliki daya upaya. Penelitian ini bertujuan mengetahui Responsivitas Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas PP PA dan KB) Surakarta dalam Memberikan Perlindungan terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan data kualitatif. Data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data didapat dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan responsivitas Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Surakarta dalam Memberikan Perlindungan terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual cukup responsif, namun demikian responsivitas tersebut belum optimal. Hal ini bisa dilihat dari: a) kemampuan mengenali kebutuhan anak korban kekerasan seksual sudah baik. b) kemampuan birokrasi menyusun agenda dan prioritas perlindungan terhadap anak korban kekerasan seksual sudah sesuai dengan kebutuhan anak. c) Kemampuan untuk mengembangkan program perlindungan terhadap anak korban kekerasan seksual dalam hal ini Bapermas memiliki kemampuan tersebut namun untuk rumah aman masih harus dilakukan perbaikan. Rekomendasi yang diberikan untuk pemerintah adalah meningkatkan alokasi anggaran, pengembangan konsep-konsep untuk rumah aman. Kata Kunci: Responsivitas, Perlindungan Anak, Kekerasan Seksual Anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 13:58
    Last Modified: 05 Dec 2016 13:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30854

    Actions (login required)

    View Item