PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI PADA ANAK AUTIS DI SLB A-C DHARMAWANITA SIDOARJO

YUSUF, TOMY (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI PADA ANAK AUTIS DI SLB A-C DHARMAWANITA SIDOARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (847Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tomy Yusuf. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Anak Autis Di SLB A-C Dharmawanita Sidoarjo. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbahasa anak autis di SLB A-C Dharmawanita Sidoarjo sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita dengan gambar berseri. Dalam penelitian ini menggunakan Metode Single Subject Research (SSR) atau penelitian dengan subyek tunggal, yaitu penelitian yang memfokuskan pada data individu sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian adalah anak autis di SLB A-C Dharmawanita Sidoarjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada pengukuran baseline pertama 50, setelah diberi intervensi pertama 75, baseline kedua 75 dan setelah intervensi kedua 100. Hasil penelitian tersebut dapat ditarik simpulan yaitu 1) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menyimak sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita melalui gambar berseri. 2) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berbicara sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita melalui gambar berseri pada anak autis kelas III semester II di SLB A-C Dharmawanita Sidoarjo tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Keterampilan berbahasa, metode bercerita dengan gambar berseri, dan anak autis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 13:43
    Last Modified: 05 Dec 2016 13:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30847

    Actions (login required)

    View Item