PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVIS-METAKOGNITIF PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ANGGRAENI, YUNITA NUR (2016) PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVIS-METAKOGNITIF PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (804Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yunita Nur Anggraeni. PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVIS-METAKOGNITIF PADA MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus. 2016 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Konstruktivis-Metakognitif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus mengacu pada metode Kemmis dan Mc.Taggart, dari bulan Februari sampai April 2016. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta siswa tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket, tes esai, wawancara dan dokumentasi. Data utama mengenai kemampuan berpikir kritis siswa meliputi beberapa aspek, interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan dan regulasi diri yang diukur dengan menggunakan tes yang disusun peneliti. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Target penelitian ini adalah peningkatan aspek kemampuan berpikir kritis sebesar ≥20% dari base line. Hasil rata-rata kemampuan berpikir kritis prasiklus adalah 33,71% dengan kategori rendah, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 47,6% dengan kategori cukup, dan pada siklus II terjadi peningkatan kembali sebesar 75,76% dengan kategori baik. Peningkatan kemampuan interpretasi dari prasiklus ke siklus II sebesar 35,62%. Peningkatan kemampuan analisis dari prasiklus ke siklus II sebesar 52,28%. Peningkatan kemampuan evaluasi dari prasiklus ke siklus II sebesar 40,91%. Peningkatan kemampuan eksplanasi dari prasiklus ke siklus II sebesar 46,97%. Peningkatan kemampuan inferensi dari prasiklus ke siklus II sebesar 56,08%. Peningkatan kemampuan pengaturan diri siswa dari prasiklus ke siklus II sebesar 38,26%. Data peningkatan dari prasiklus hingga Siklus II telah mengalami peningkatan sesuai target penelitian, yaitu ≥20%. Hasil penelitian penerapan Model Konstruktivis-metakognitif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta. Kata Kunci: Model pembelajaran Konstruktivis-Metakognitif, Berpikir Kritis, Sistem Koordinasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 13:23
    Last Modified: 05 Dec 2016 13:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30844

    Actions (login required)

    View Item