KINERJA SISTEM ANTRIAN PADA LAYANAN LOKET PESERTA MANDIRI BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG SURAKARTA

SAIFULLAH, KHOLID (2016) KINERJA SISTEM ANTRIAN PADA LAYANAN LOKET PESERTA MANDIRI BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (322Kb)

    Abstract

    ABSTRAK KINERJA SISTEM ANTRIAN PADA LAYANAN LOKET PESERTA MANDIRI BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG SURAKARTA KHOLID SAIFULLAH F3212044 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta BPJS Kesehatan adalah lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia bagi seluruh Rakyat Indonesia. Antrian adalah hal yang hampir tidak bisa dihindari untuk mendapatkan sebuah pelayanan. Masalah yang terjadi di BPJS kantor cabang utama Surakarta adalah adanya penumpukan peserta dalam antrian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian dan mengetahui tingkat pelayanan loket peserta bukan penerima upah (mandiri). Penelitian ini melibatkan 114 responden yang berasal dari kota Surakarta dan sekitarnya yang menjadi peserta bukan penerima upah (mandiri). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Alat bantu yang digunakan untuk mengolah data dan melakukan perhitungan adalah program Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rata-rata peserta yang menunggu dalam sistem terpanjang selama satu minggu penelitian pada loket Peserta Bukan Penerima Upah (Mandiri) adalah pada awal pekan dimana jumlah peserta yang menunggu dalam sistem adalah sebanyak 6,11 orang. Waktu rata-rata terpanjang yaitu 0,11% atau 6.56 menit. Sedangkan waktu rata-rata menunggu terpendek yaitu 3,07% atau 1,54 menit. Waktu rata-rata terpanjang yang dihabiskan peserta dalam sistem adalah selama 25 menit dan waktu terpendek adalah selama 4 menit. Kata kunci : BPJS Kesehatan, Sistem Antrian, Pelayanan Prima.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Dec 2016 13:08
    Last Modified: 05 Dec 2016 13:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30838

    Actions (login required)

    View Item