Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA-3 SMA Negeri 8 Surakarta Pada Materi Teori Kinetik Gas

RAHAYU, SURYANI JATI (2016) Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA-3 SMA Negeri 8 Surakarta Pada Materi Teori Kinetik Gas. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (731Kb)

    Abstract

    Suryani Jati Rahayu. K2311075. PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA-3 SMA NEGERI 8 SURAKARTA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas XI MIA-3 SMA Negeri 8 Surakarta melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek pada materi teori kinetik gas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksnakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA-3 SMA Negeri 8 Surakarta tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 25 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, tes tertulis, observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas XI MIA-3 SMA Negeri 8 Surakarta pada materi teori kinetik gas. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aspek afektif siswa, pada siklus I diperoleh 60% berkriteria baik dan 40% berkriteria kurang, menjadi 68% berkriteria sangat baik dan 32% berkriteria baik pada siklus II. Pada aspek psikomotor siswa diperoleh 64% berkriteria baik dan 32% berkriteria kurang pada siklus I, menjadi 56% siswa berkriteria sangat baik dan 44% berkriteria baik pada siklus II. Kemudian pada aspek kognitif siswa diperoleh ketuntasan 44% pada siklus I, menjadi 68% pada siklus II. Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar Fisika, teori kinetik gas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 13:11
    Last Modified: 05 Dec 2016 13:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30837

    Actions (login required)

    View Item