Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar permainan Bolavoli Dengan Penerapan Modifikasi Media Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016

RIZAL, FAHRUDIN (2016) Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar permainan Bolavoli Dengan Penerapan Modifikasi Media Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (552Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fahrudin Rizal. K412057. PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI DENGAN PENERAPAN MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KERTEN II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juni 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar permainan bola voli dengan penerapan modifikasi media pembelajaran pada peserta didik kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta yang berjumlah 21 peserta didik terdiri dari 13 peserta didik putra dan 8 peserta didik putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase. Hasil penelitian pada prasiklus hanya 4 peserta didik yang lulus (19.05%) dan 17 peserta didik belum lulus (80.95%). Pada siklus I diperoleh hasil belajar peserta didik yang telah lulus sebanyak 11 peserta didik (52,38%) dan 10 peserta didik masih belum lulus (47.61%). Dengan perolehan rata-rata afektif (81.33%), psikomotor (74.95%) dan kognitif (68.33%). Pada siklus II diperoleh hasil belajar peserta didik yang telah lulus sebanyak 18 peserta didik (85,71%) dan 3 peserta didik masih belum lulus (14,29%). Dengan perolehan rata-rata afektif (81,38%), psikomotor (77.33%) dan kognitif (81.81%). Berdasarkan hasil analisis dari siklus I dan siklus II menunjukan terjadinya peningkatan yang signifikan dan sesuai target pencapaian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa : penerapan modifikasi media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar permainan bolavoli pada peserta didik kelas V SD Negeri Kerten II Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Hasil Belajar, Gerak Dasar Permainan Bolavoli, Modifikasi media pembelajaran ABSTRACT Fahrudin Rizal. K4612057. IMPROVING THE RESULT OF LEARNING BASIC MOVEMENT VOLLEYBALL GAMES WITH THE IMPLEMENTATION OF MODIFIED INSTRUCTIONAL MEDIA IN GRADE V SDN KERTEN II SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2015/2016. research teaching training and education university of sebelas maret. june 2016. The purpose of this research is to improve the learning outcomes of basic mevement game of volleyball with the implementation of the modification of instructional media in grade V students SDN Kerten II Surakarta, academic year 2015/2016. This research is a classroom action research (CAR). This research is conducted in two cycles, consisting of four stages in each cycle of planning, action, observation and reflection. Subjects in this CAR is a grade V students of SDN Kerten II totaling 21 learners consists of 13 learners sons and 8 daughters learners. Data source in this study from the students, researchers and teachers who act as collaborators. The collecting data is using tests and observation. The validity of the data is using the triangulation technique. Analysis of data is using qualitative descriptive technique that is based on a qualitative analysis of the percentage. The analysis results on pra – cycle are only four learners who passed (19.05%) and 17 learners who have not passed (80.95%). On the cycle I obtained the learning outcomes of learners who have passed as many as 11 learners (52.38%) and 10 learners who still have not passed (47.61%). With the acquisition of an average affective (81.33%), psychomotor (74.95%) and cognitive (68.33%). On cycle II obtained the learning outcomes of learners as many as 18 learners (85.71%) and 3 learners who still have not passed (14.29%). With the acquisition of an average affective (81.38%), psychomotor (77.33%) and cognitive (81.81%). Based on the analysis results from cycle I and cycle II show a significant increase and appropriate target achievement. Based on the research results can be concluded that: the application of instructional media modifications can improve learning outcomes basic movement volleyball game in grade V students of SDN Kerten II Surakarta in Academic Year 2015/2016. Keywords: Learning Outcomes, Basic Motion volleyball games, instructional media Modification

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Dec 2016 12:38
    Last Modified: 05 Dec 2016 12:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30821

    Actions (login required)

    View Item