Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Fisik di Surakarta dengan Pendekatan Desain Lingkungan Inklusif

Riskiani, Nurul Fajar (2016) Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Fisik di Surakarta dengan Pendekatan Desain Lingkungan Inklusif. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (331Kb)

    Abstract

    Seluruh warga Indonesia memiliki kedudukan, hak, kewajiban, peran serta kesempatan yang sama untuk mewujudkan kesejahteraan sosialnya, tidak terkecuali penyandang disabilitas. Kota Surakarta, sebagai salah satu “Kota Ramah Difabel” yang memiliki jumlah penyandang disabilitas fisik cukup tinggi, telah memiliki peran besar untuk mewujudkan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas fisik di antaranya dengan memiliki regulasi khusus, banyaknya fasilitas dan komunitas. Penyandang disabilitas fisik memiliki bermacam-macam karakteristik (fisik dan sosial) yang dapat menjadi kekurangan maupun kelebihan. Masalah desain yang muncul adalah bagaimana sebuah bangunan dapat mewadahi karakteristik tersebut tanpa mengesampingkan estetika yang akan mempengaruhi jenis kegiatan, pemilihan lokasi, bentuk dan material bangunan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan desain yang berorientasi pada pengguna, yaitu Pendekatan Desain Lingkungan Inklusif. Dalam rangka untuk merespon masalah dan potensi tersebut, diperlukan sebuah wadah pengembangan dan pemberdayaan penyandang disabilitas yang didesain inklusif secara fisik dan sosial. Desain Lingkungan Inklusif memiliki lima prinsip yang akan mengarahkan proses analisis desain. Prinsip utamanya adalah mengedepankan pengguna utama, yang berarti hasil desain mengacu pada hasil analisis karakteristik fisik dan sosial penyandang disabilitas. Rumusan desain lingkungan yang inklusif secara sosial adalah dengan mengadakan kegiatan-kegiatan secara terbuka untuk memberikan penyandang disabilitas kesempatan agar berinteraksi. Lingkungan yang inklusif secara fisik adalah bangunan yang (a) memiliki pembagian zona kegiatan dan bentuk yang jelas, berurutan serta memiliki karakter, (b) memiliki sistem informasi yang universal, serta (c) menerapkan standar ukuran dan jangkauan ruang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 11:05
    Last Modified: 05 Dec 2016 11:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30790

    Actions (login required)

    View Item