Perubahan kualitas lingkungan permukiman pasca-implementasi bank sampah (Studi kasus : RT 03 RW XXIII Kelurahan Jebres, RT 05 RW XVI Kelurahan Mojosongo, dan RT 04 RW XXIII Kelurahan Kadipiro, Kota Surakarta)

widyastuti, Nur Diana (2016) Perubahan kualitas lingkungan permukiman pasca-implementasi bank sampah (Studi kasus : RT 03 RW XXIII Kelurahan Jebres, RT 05 RW XVI Kelurahan Mojosongo, dan RT 04 RW XXIII Kelurahan Kadipiro, Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (339Kb)

    Abstract

    Kualitas lingkungan permukiman merupakan kemampuan lingkungan permukiman dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Kualitas lingkungan permukiman berkaitan dengan berbagai aspek. Pertaman, Aspek fisik yang meliputi air bersih, jalan, persampahan, sarana pendidikan, sarana kesehatan, udara, tanah, rumah, kendaraan. Kedua aspek non fisik meliputi faktor sosial, ekonomi, budaya dan politik. Kota Surakarta sebagai salah satu kota berkembang mengalami berbagai permasalahan umum perkotaan. Kepadatan dan jumlah penduduk yang tinggi menyebabkan eksploitasi penggunaan ruang. Hal tersebut memungkinkan terjadinya penurunan kualitas lingkungan. Penurunan terjadi secara intensif pada kawasan yang di huni penduduk, yaitu permukiman. Maka dari itu penurunan kualitas lingkungan permukiman di kota Surakarta menjadi bagian permasalahan kota yang beririingan dengan proses perkembangan kota. Salah satu penyebab turunnya kualitas lingkungan permukiman adalah, permasalahan pengelolaan sampah. Untuk mengatasi permasalah sampah tersebut maka dioperasikannya bank sampah, sebagai metode pengelolaan sampah 3R. Penerapan bank sampah dilakukan dengan harapan memperbaiki kondisi lingkungan permukiman yang buruk diakibatkan oleh permasalahan sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan terhadap kualitas lingkungan permukiman pasca-implementasi bank sampah berdasarkan persepsi masyarakat. Karena hanya manusialah yang yang memiliki akal budi serta dipengaruhi oleh minat dan memori, sehingga mampu menentukan penilaian terhadap kualitas lingkungannya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik analisis Paired sample T-Test. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan hasil yang diperoleh yakni implementasi bank sampah memberikan perubahan yang positif terhadap kualitas lingkungan permukiman. Hal tersebut terlihat dari perubahan yang ditunjukkan pada setiap variabel kualitas lingkungan permukiman menuju ke arah yang baik atau peningkatan kondisi dari sebelum implementasi bank sampah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 11:03
    Last Modified: 05 Dec 2016 11:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30788

    Actions (login required)

    View Item