Pengaruh model take and give terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo

DYAH DWI P, TIARA (2016) Pengaruh model take and give terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (660Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tiara Dyah Dwi Pratiwi. K8112070. PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK AR-ROHMAH WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh Take and give terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Ar-RohmahWirun, Mojolaban, Sukoharjo. Desain yang digunakan adalah between subject dengan sampel independen sejumlah 24 anak pada masing-masing kelompok kontrol dan eksperimen. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama tujuh bulan, dari bulan Januari sampai bulan Juli. Data dikumpulkan menggunakan skala untuk mengukur kemampuan berbicara anak. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan uji reliabilitas mengunakan alpha cronbach’s. Analisis data menggunakan t-test setelah dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model take and give memberikan pengaruh terhadap Kemampuan berbicara anak kelompok A. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest kelompok eksperimen yang memiliki perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan hasil posttest kelompok kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari penerapan mode ltake and give terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A. Kata Kunci : model take and give, kemampuan berbicara, Pendidikan anak usia dini ABSTRACT Tiara Dyah Dwi Pratiwi. K8112070. THE EFFECT OFTAKE AND GIVE MODELS TO THE SPEECH CAPABILITY OF CHILDREN IN A GROUP AT AR-ROHMAH KINDERGARTEN WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO. Thesis, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, August 2016. The quasi-experimental research aimed to examine the effect oftake and give models to the speech capability of children in A group at Ar-Rohmah kindergarten Wirun Mojolaban Sukoharjo. Design which is used between subject and independent sample of 24 children in each of control and experimental groups. Implementation of the study lasted for seven months, from January to July. Data was collected by scale to measure speech capability children. Validity of the instrument by the construct validity, while the reliability test by alpha cronbach’s. The data is analyzed by t-test after test prerequisites consisting of normality and homogeneity test. The results showed take and give models influencetoward the speech capability of children in A group. This is evidenced from the results posttest experimental group was significantly different when compared with the control group posttest results. The conclusion from this study is, there is the effect oftake and give models to the speech capability of children in a group. Keywords : take and give models,speech capability,early childhood education

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 05 Dec 2016 10:56
    Last Modified: 05 Dec 2016 10:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30778

    Actions (login required)

    View Item