PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESEKRETARISAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SEPTIANI R, SENJA (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESEKRETARISAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (274Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Senja Septiani Rosiana. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESEKRETARISAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta melalui metode active learning tipe team quiz . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian, setiap siklus penelitian meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode active learning tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar sebesar 68,87 % dengan rincian pada pratindakan 24,13 % meningkat menjadi 55,17 % pada siklus I dan meningkat menjadi 93,10 % pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 21,58 dengan rincian pada pratindakan 71 meningkat menjadi 74 pada siklus I dan meningkat menjadi 83 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode active learning tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kesekretarisan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta. Kata Kunci : Metode active learning tipe team quiz, Hasil Belajar ABSTRACT Senja Septiani Rosiana. ACTIVE LEARNING METHOD OF APPLICATION TYPE OF LEARNING QUIZ TEAM TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN SUBJECT KESEKRETARISAN CLASS ADMINISTRATION OFFICE XI SMK Surakarta CHRISTIAN 1 LESSON YEAR 2015/2016. Thesis, the Faculty of Education University of March Surakarta. 2016. Skripsi: The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Surakarta 2016. The objective of this research is to investigate the improvement of the students in Grade XI of Office Administration Department of Christian Vocational High School 1 of Surakarta in Academic Year 2015/2016 through the application of Active learning method quiz-type team. This research used the classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of research were the students as many as 29 in Grade X of Office Administration Department of the aforementioned school. The data sources of research were a teacher, students, and documents. The data of research are collected through in-depth interview, observation, documentation, and test. They were validated by using the data and method triangulations and analyzed by using the descriptive comparative analytical techniques of analysis. The procedures of research included planning, implementation, observation, and reflection. The results show that through the application of active learning methods quiz-type team can improve student learning outcomes. Improved learning outcomes of 68.87% with details on pratindakan 24.13% increase to 55.17% in the first cycle and increased to 93.10% in the second cycle. The average value of the class also increased by 21.58 with details on pratindakan 71 increased to 74 in the first cycle and increased to 83 in the second cycle. The conclusions of this research is the application of active learning methods quiz-type team can improve student learning outcomes in subjects Kesekretarisan class XI Administrative Christian SMK 1 Surakarta. Keywords: Active learning method quiz-type team, Learning Outcomes

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 05 Dec 2016 10:49
    Last Modified: 05 Dec 2016 10:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30773

    Actions (login required)

    View Item