Evaluasi Penggunaan E-Learning Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret

PURWANDARI, RIASTY (2016) Evaluasi Penggunaan E-Learning Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Riasty Purwandari. K2512059. EVALUASI PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang (1) kesiapan pengetahuan tentang e-learning oleh civitas akademika Pendidikan Teknik Mesin; (2) penyiapan sumber daya manusia dan sarana prasarana penunjang dalam penggunaan e-learning; (3) proses penggunaan e-learning pada proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin; (4) faktor-faktor yang menghambat penggunaan e-learning pada proses pembelajaran; dan (5) pencapaian penggunaan e-learning pada proses pembelajaran Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu 10 dosen dan teknik proportional random sampling yaitu 149 mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengukur indikator komponen evaluasi konteks, input, proses, dan produk. Observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Analisis data menggunakan analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kesiapan pengetahuan tentang e-learning civitas akademika Pendidikan Teknik Mesin rendah; (2) penyiapan sumber daya manusia dan sarana prasarana penunjang dalam penggunaan e-learning baik; (3) proses penggunaan e-learning belum optimal; (4) faktor-faktor yang menghambat penggunaan e-learning pada proses pembelajaran terdiri dari 4 faktor yaitu: kesiapan pengetahuan tentang e-learning yang rendah, informasi tentang e-learning yang kurang, kurangnya sosialisasi penggunaan e-learning, dan kurangnya pengetahuan penggunaan fitur-fitur e-learning; dan (5) penggunaan e-learning pada poses pembelajaran Pendidikan Teknik Mesin belum tercapai. Kata Kunci: evaluasi, e-learning, CIPP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 05 Dec 2016 10:38
    Last Modified: 05 Dec 2016 10:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30765

    Actions (login required)

    View Item