UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN ALAT BANTU YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS X TKJ B SMK TEKNO-SA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Yudha A, Irwin (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN ALAT BANTU YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS X TKJ B SMK TEKNO-SA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (768Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Irwin Yudha Apriliyatna. K4612079. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu yang Dimodifikassi pada Siswa Kelas X TKJ B SMK TEKNO-SA Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017”Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu yang Dimodifikassi pada Siswa Kelas X TKJ B SMK TEKNO-SA Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TKJ B yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik putra dan 18 peserta didik putri. Sumber data berasal dari peserta didik, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Pada prasiklus hasil belajar tolak peluru gaya menyamping pada kriteria sangat baik 0%, baik 0%, cukup 33,33%, kurang 66,67%, dan kurang sekali 0% jumlah peserta didik yang tuntas adalah 10 peserta didik. Pada siklus I hasil belajar tolak peluru gaya menyamping pada kategori sangat baik sebesar 0%, baik 33,33%, cukup 30%, kurang 36,67%, dan kurang sekali 0%, jumlah peserta didik yang lulus 19 peserta didik dengan persentase 63,33%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar tolak peluru gaya menyamping pada kategori sangat baik sebesar 3,33%, baik 53,33%, cukup 26,67%, kurang 16,67%, kurang sekali 0%, jumlah peserta didik yang tuntas dan lulus adalah 25 peserta didik dari total jumlah peserta didik 30 dengan persentase 83,33%. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar tolak peluru gaya menyamping telah mencapai target yang ingin dicapai pada siklus II bahkan melebihi target. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media alat bantu yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas X TKJ B SMK TEKNO-SA Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Hasil belajar, tolak peluru, penerapan media alat bantu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 10:31
    Last Modified: 05 Dec 2016 10:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30763

    Actions (login required)

    View Item