PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII-I SMP NEGERI 1 MEJAYAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PRIPTA P, PRISANDINI (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII-I SMP NEGERI 1 MEJAYAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (848Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Prisandini Pripta Pamekar, K 2309057, PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII I SMP NEGERI 1 MEJAYAN TAHUN 2014/2015. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) minat belajar siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Mejayan tahun pelajaran 2014/2015 pada materi cahaya dan optik, (2) kemampuan kognitif siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Mejayan tahun pelajaran 2014/2015 pada materi cahaya dan optik Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kurt Lewin dan model Kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri I Mejayan yang berjumlah 26 siswa. Obyek penelitian adalah minat belajar dan kemampuan kognitif siswa. Metode pengumpulan melalui metode observasi, wawancara, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan tindakan berupa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, terjadi peningkatan minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPA (Fisiska) dari kondisi awal sebelum tindakan semula 42,77% meningkat menjadi 77,32% pada akhir tindakan. Peningkatan minat belajar siswa karena menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menyebabkan kemampuan kognitif siswa juga meningkat. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada kondisi awal sebelum tindakan adalah 9 siswa (34,62%) meningkat menjadi sebanyak 22 siswa (84,62%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA(Fisika) materi cahaya dan optik kelas VIII I SMP Negeri 1 Mejayan dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci : Minat Belajar, Kemampuan Kognitif, Problem Based Learning, IPA(Fisika)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 05 Dec 2016 10:31
    Last Modified: 05 Dec 2016 10:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30761

    Actions (login required)

    View Item