PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR (FLUENCY) DAN KEAKTIFAN DISKUSI SISWA KELAS X SMA NEGERI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Amar, Ghoffar Ismail (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR (FLUENCY) DAN KEAKTIFAN DISKUSI SISWA KELAS X SMA NEGERI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (725Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ghoffar Ismail Amar. K4312025. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR (FLUENCY) DAN KEAKTIFAN DISKUSI SISWA KELAS X SMA NEGERI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2016. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir lancar (fluency) dan keaktifan diskusi siswa kelas X SMA Negeri Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas X SMA Negeri Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir lancar (fluency) dan keaktifan diskusi siswa. Peningkatan kemampuan berpikir lancar (fluency) dan keaktifan diskusi dari siswa dapat dilihat melalui hasil tes dan observasi. Hasil tes menunjukkan bahwa skor rata-rata fluency siswa pada pratindakan sebesar 41,5 poin, siklus I sebesar 59,22 poin, dan siklus II sebesar 70,00 poin. Rata-rata skor keaktifan diskusi siswa pada pratindakan sebesar 2,05 poin, siklus I sebesar 2,77 poin dan siklus II sebesar 3,74 poin. Kata kunci: guided inquiry, kemampuan berpikir lancar, fluency, keaktifan diskusi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 05 Dec 2016 10:11
    Last Modified: 05 Dec 2016 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30752

    Actions (login required)

    View Item