Penerapan Prinsip Good Governance di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Karanganyar (Studi Pada Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Akta Kelahiran)

AZIS PUTRANTO, NUR (2016) Penerapan Prinsip Good Governance di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Karanganyar (Studi Pada Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Akta Kelahiran). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (155Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nur Azis Putranto. D0109068. Penerapan Prinsip Good Governance di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Pada Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Akta Kelahiran). Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2016 Instansi publik yang memberikan pelayanan publik yang akuntabel, transparan, mudah dijangkau, informasi mudah diakses merupakan beberapa ciri instasi publik yang telah menerapkan prinsip good governance. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Karanganyar merupakan instansi publik yang menyelenggarakan pelayanan publik dibidang kependudukan dan pencatatan sipil, salah satunya adalah pelayanan pencatatan dan penerbitan akta kelahiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip akuntabilitas, transparansi dan partisipasi msyarakat diterapkan pada pelayanan pencatatan dan penerbitan akta kelahiran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi pada pelayanan pencatatan dan penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Karanganyar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah narasumber (informan)yaitu Kabid Capil, KasiPencatatan Kelahiran dan Kematian, pegawai JFU dan masyarakat serta dokumen dan arsip. Validasi data menggunakan model triangulasi sumber data. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian bahwa penerapan prinsip akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat dalam pelayanan pencatatan dan penerbitan akta kelahiran sudah baik tetapi ada beberapa yang perlu diperbaiki. Pelayanan akta kelahiran sudah akuntabel dengan adanya SOP, laporan pertanggungjawaban dan juga pengawasan pegawai. Transparansi pelayanan dilihat dari informasi yang sangat memadai dan mudah diakses kapanpun. Untuk partisipasi masyarakat sudah cukup baik tapi perlu adanya perbaikan pada beberapa aspek. Kata kunci : prinsip good governance,Disdukcapil Karanganyar, pelayanan akta kelahiran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 05 Dec 2016 10:09
    Last Modified: 05 Dec 2016 10:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/30750

    Actions (login required)

    View Item