UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SRAGEN 1

Haryanti, Nur (2009) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SRAGEN 1. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1363Kb)

    Abstract

    Nur Haryanti, NIM X.8806513. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SRAGEN 1. Laporan PTK, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2009. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah: untuk mengetahui meningkatnya prestasi belajar matematika pada aspek bilangan pecahan dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas III SD Negeri Sragen 1 Kecamatan Sragen Kota Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Sragen 1 tahun 2009/2010 dengan jumlah populasi sebanyak sejumlah 41 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada seluruh populasi yang ada di kelas III SD Negeri Sragen 1 yang berjumlah 41 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II., metode observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I, maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode. Dalam proses analisa ada tiga komponen yang harus disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah : 1) data reduksi; 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dapat diketahui bahwa. 1. Nilai rata prestasi belajar Matematika siswa kelas III pada siklus I sebesar 67, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 60,97 % ( 25 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa), pada siklus II sebesar 97,6 % (40 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui alat peraga dapat meningkatan prestasi belajar matematika pada siswa kelas III SD negeri Sragen 1 tahun pelajaran 2009 / 2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 16:42
    Last Modified: 13 Jul 2013 16:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3075

    Actions (login required)

    View Item